Porwanas XIII 2022, Kota Batu Siapkan Pertandingan 104 Atlet Catur Hari Ini

Porwanas XIII 2022. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang)
Para pecatur akan berlaga dalam Porwanas XIII 2022 yang digelar di Kota Batu, Jatim, mulai 22-25 November 2022. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang)

BATU, Tugujatim.id – Sebanyak 104 wartawan se-Indonesia siap mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022. Acara Porwanas XIII 2022 mulai digelar pada 21-27 November 2022 di Malang, Jatim. Istimewanya, Kota Batu jadi tuan rumah untuk cabang olahraga (cabor) catur.

Sebanyak total 104 wartawan atau atlet Porwanas XIII 2022 dari berbagai penjuru di Indonesia akan berlaga. Kompetisi bergengsi nasional itu digelar di Hotel El Kartika Wijaya, Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, mulai 22-25 November 2022.

Technical Delegate Porwanas Cabor Catur Yusuf Santriono menuturkan, animo olahraga catur ini sudah dinanti-nantikan sejak lama. Porwanas terakhir sebelumnya diselenggarakan di Jawa Barat.

”Porwanas XIII 2022, total ada 104 peserta dari 30 daerah di Indonesia yang sudah siap bertanding. Paling jauh ada dari PWI Aceh sama PWI Papua,” ungkapnya pada Senin (21/11/2022).

Dia mengatakan, kompetisi antar wartawan ini nantinya akan berbeda dari kompetisi sebelumnya. Berbeda dengan sistem kompetisi di Jabar, kompetisi di Jatim akan menerapkan sistem berbeda. Di mana ratusan peserta itu nantinya terbagi dalam kategori perseorangan dan beregu. Masing-masing peserta juga tidak boleh menyandang kategori ganda. Tujuannya agar misi pembinaan atlet di Porwanas tetap berjalan.

”Jadi nanti masing-masing kelompok bisa punya daya saing tersendiri. Karena kalau pakai sistem lama, di situ juaranya sudah ketebak. Akhirnya yang lain gak kelihatan dan dari sisi pembinaan tidak jalan,” paparnya.

Dalam kompetisi Porwanas, cabor catur itu juga dipimpin wasit kaliber internasional. Mereka adalah Yusuf Santriono, Prayitno, dan Bambang Suprihanto.

Yusuf menerangkan, persiapan kompetisi sudah 90 persen.

”Kami sudah technical meeting. Sistem permainan juga sudah kami siapkan. Besok semoga terlaksana dengan maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Siwo Kota Batu Febri Setyawan mengatakan, Porwanas XIII 2022 akan digelar selama sepekan penuh hingga 27 November 2022. Total ada sekitar 3.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia yang hadir. Ada 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, yakni atletik, biliar, bulu tangkis, bridge, catur, tenis meja, tenis lapangan, e-sport, sepak bola, dan futsal.

Dari 10 cabor itu, Febri melanjutkan, dua cabor akan digelar di Kota Batu, yakni bridge dan catur. Selain itu, juga ada 4 cabor ekshibisi yang digelar untuk memeriahkan Porwanas ini.

“Juga ada empat cabang ekshibisi yang dipertandingkan yakni karaoke, tenis meja untuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), golf, dan menembak,” kata Febri.