PPKM Darurat, Kemenag Tuban Distribusikan Daging Kurban pada Warga

  • Bagikan
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Sahid saat membagikan daging kurban secara langsung kepada masyarakat. (Foto: Humas Kemenag Tuban)
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Sahid saat membagikan daging kurban secara langsung kepada masyarakat. (Foto: Humas Kemenag Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Pemerintah memperpanjang masa PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021. Itu artinya, semua kegiatan masih dibatasi demi untuk mencegah penularan Covid-19. Untuk membantu meringankan beban masyarakat, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban berbagi daging kurban pada Rabu (21/07/2021).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Sahid usai membagikan langsung daging kurban kepada masyarakat mengatakan, suasana Idul Adha tahun ini masih sama dengan tahun lalu.

“Mungkin sekarang lebih berat bagi masyarakat karena masih masa pemberlakuan PPKM Darurat,” kata Sahid.

Menurut Sahid, Hari Raya Kurban dilalui dalam suasana penuh keprihatinan dan potensi penularannya masih lumayan tinggi. Hal ini menunjukkan, Idul Adha tahun ini mampu menggugah lebih banyak orang untuk berkorban, berempati, dan bersimpati terhadap sesama.

“Alhamdulillah, justru jumlah hewan kurban lebih banyak, ada 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing,” ungkap pria kelahiran Gresik ini.

Sahid berharap, nilai-nilai mulia Idul Adha yang kental diwarnai dengan semangat rela berkurban dan pantang menyerah, menjiwai semua pegawai di jajaran Kemenag, dan secara umum kepada masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Mashari menjelaskan, pelaksanaan kurban ini, pihaknya berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama No 17 Tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Idul Adha 1442 H/2021 M dan pelaksanaan kurban di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan penyembelihan kami lakukan di rumah penyembelihan. Kami awali dari pukul 02.00,” ujarnya.

Pendistribusian daging kurban diberikan kepada warga masyarakat sekitar yang berhak menerima dan wajib memerhatikan penerapan protokol kesehatan dan meminimalkan kontak fisik satu sama lain.

  • Bagikan