Protes Keberadaan Indomaret, Warga Remen Tuban Arak Tumpeng Sepanjang Jalan Desa

Protes Keberadaan Indomaret, Warga Remen Tuban Arak Tumpeng Sepanjang Jalan Desa

  • Bagikan
Sejumlah warga Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, menggelar doa bersama dengan membawa tumpeng di lokasi samping Indomaret, Rabu (18/5/2022).
Sejumlah warga Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, menggelar doa bersama dengan membawa tumpeng di lokasi samping Indomaret, Rabu (18/5/2022). (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Sejumlah warga Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, menggelar doa bersama di pertigaan jalan desa setempat dengan membawa tumpeng berukuran besar pada Rabu (18/5/2022) malam.

Doa bersama yang dilakukan oleh 50 warga yang juga pedagang klontong ini sebagai protes atas keberadaan minimarket Indomaret yang didirikan di desa mereka. Keberadaan minimarket ini telah mengurangi pendapatan para pedagang klontong.

Koordinator lapangan, Wilujeng, dalam orasi bahasa Jawanya menuturkan, pihaknya bersama warga memprotes dengan adanya toko modern. Dengan berdoa bersama ini, diharapkan minimarket bisa paham dan peka dengan kondisi perekonomian masyarakat kecil.

“Semoga saja, dengan berdoa bersama dijauhkan dari marabahaya. Dan minimarket yang ada bisa tahu dan paham dengan kondisi yang ada,” ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan doa bersama, bucu atau tumpeng diarak di sepanjang jalan desa menuju ke lokasi titik kumpul yang tempatnya berdekatan dengan minimarket di sana. Selain itu, warga membetangkan banner yang berisi penolakan keberadaan minimarket.

Informasi yang diterima Tugu Jatim, minimarket yang ditolak warga sudah beroperasi sebelum puasa Ramadhan 1443 H, atau tahun 2022. Sedangkan di lokasi yang berdekatan juga akan didirikan minimarket merek berbeda lagi.

“Mungkin tidak dari sini. Juga akan ada Alfamart,” tambah warga lainnya.

Sementara itu, Kapolsek Jenu, AKP Gunawan Wibisono, saat dikonfirmasi dilokasi membenarkan terkait kegiatan itu. Info yang diterimanya warga menolak adanya Indomaret, sehingga mereka menggelar doa bersama.

“Infonya lokasi Indomaret ini, tempatnya miliki anggota Polri,” terangnya.

Antisipasi aksi lanjutan, pihaknya akan menggandeng pihak desa setempat dan kecamatan Jenu untuk duduk bareng membicarakan persoalan ini.

“Pastinya akan bahas dengan pihak terkait,” ucapnya.

Puas dengan aksinya, warga dengan sendirinya membubarkan diri dengan tertib dan kawalan dan petugas.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan