Puasa 6 Hari di Bulan Syawal, Ini Keutamaan dan Anjuran Hadisnya - Tugujatim.id

Puasa 6 Hari di Bulan Syawal, Ini Keutamaan dan Anjuran Hadisnya

  • Bagikan
bulan Syawal. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi puasa di bulan Syawal. (Foto: Pixabay)

TUBAN, Tugujatim.id – Momen bulan Syawal usai Lebaran adalah hal yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Bahkan Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan bagi umatnya untuk melaksanakan puasa di bulan Syawal selama 6 hari. Apa sih keutamaan dari puasa ini?

Puasa di bulan Syawal ini bisa dilakukan mulai hari kedua usai Hari Raya Idul Fitri. Hal ini meniru perilaku Rasulullah yang menjalankan puasa di hari kedua.

Berdasarkan beberapa hadis yang diriwayatkan beberapa perawi hadis terkait keutamaan berpuasa pada bulan Syawal.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dalam kitab Shahīh Muslim dari Abi Ayyub al-Anshari bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَن صامَ رَمَضانَ ثُمَّ أتْبَعَهُ سِتًّا مِن شَوَّالٍ، كانَ كَصِيامِ الدَّهْر

Barangsiapa berpuasa Ramadhan, lalu menyambungnya dengan enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa sepanjang tahun.” (HR Muslim: 1164 )

Selain hadis di atas, Ibnu Majah juga meriwayatkan hadis.

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، أَنَّ أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ، كَانَ يَصُومُ أَشْهُرَ الْحُرُمِ ‏.‏ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ “‏ صُمْ شَوَّالاً ‏”‏ ‏.‏ فَتَرَكَ أَشْهُرَ الْحُرُمِ ثُمَّ لَمْ يَزَلْ يَصُومُ شَوَّالاً حَتَّى مَاتَ

Artinya: Seperti diceritakan dari Muhammad bin Ibrahim, Usamah bin Zaid terbiasa puasa di bulan-bulan suci. Rasulullah SAW kemudian berkata, “Puasalah di Bulan Syawal.” Lalu dia melaksanakan puasa tersebut hingga akhir hayat. (HR Sunan Ibnu Majah)

Dalam riwayat lainnya, Ibnu Majah mengatakan kurang lebih artinya sebagai berikut:

“Seperti dinarasikan dari Thawban, seorang budak yang dibebaskan Rasulullah, Nabi SAW berkata, siapa saja yang puasa enam hari setelah Idul Fitri akan berpuasa selama satu tahun tersebut, dengan satu kebaikan dihargai 10 kebaikan serupa,” dan masih ada lagi keutamaan lainnya.

Nah, setelah mengetahui begitu luar biasa keutamaan yang ada pada bulan Syawal. Sayang sekali jika melewatkan puasa Syawal dan pahalanya yang berlipat ganda.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan