Rachmawati Soekarno Meninggal, Sandiaga Uno: Indonesia Kehilangan Sosok Putri Terbaik Bangsa

  • Bagikan
Diah Permana Rachmawati Soekarnoputri saat foto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Twitter Sandiaga Salahuddin Uno/Tugu Jatim)
Diah Permana Rachmawati Soekarnoputri saat foto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Twitter Sandiaga Salahuddin Uno)

JAKARTA, Tugujatim.id – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Diah Permana Rachmawati Soekarnoputri atau akrab disapa Rachmawati Soekarno telah meninggal dunia pada Sabtu (03/07/2021), sekitar pukul 06.15 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Sederet pejabat tinggi negara pun turut berbelasungkawa, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Kita kembali berduka. Indonesia baru saja kehilangan sosok putri terbaik bangsa, Ibu Rachmawati Soekarnoputri, putri dari Presiden pertama kita Ir Soekarno,” tulis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam akun Twitter-nya.

Selain itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga mendoakan agar Rachmawati Soekarnoputri mendapat tempat terbaik di sini Tuhan yang Maha Esa.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Turut berduka cita. Semoga Ibu Rachmawati Soekarnoputri ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya dan diterima semua amal ibadahnya. Aamiin YRA,” tulisnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Rachmawati Soekarnoputri lahir pada 27 September 1950. Putri proklamator Indonesia ini mengembuskan napas terakhirnya akibat terpapar virus Covid-19. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga turut mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun… Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu Rachmawati Soekarnoputri. Insyaa Allah Husnul Khotimah, catatan amal baiknya diterima oleh Allah SWT dan diberikan keikhlasan kepada keluarga dan sanak yang ditinggalkan”.

Rachmawati Soekarnoputri merupakan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno sekaligus pendiri Universitas Bung Karno bersama beberapa tokoh lainnya.

Dia juga terjun di bidang politik. Rachmawati Soekarno pun pernah mendirikan Partai Pelopor. Pada 2007-2009, dia dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden.

Selain itu, Rachmawati pernah bergabung dengan Partai Nasdem pada 2013. Dia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan, tapi tak bertahan lama. Pada Agustus 2014, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem mencopot jabatan itu karena dianggap tidak sejalan.

 

  • Bagikan