RS Rujukan Kota Batu Penuh, Pemkot Upayakan Penambahan Bed

  • Bagikan
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menjelaskan penambahan bed untuk pasien Covid-19, Sabtu (03/07/2021). (Foto: Sholeh/Tugu Jatim) 
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menjelaskan penambahan bed untuk pasien Covid-19, Sabtu (03/07/2021). (Foto: Sholeh/Tugu Jatim) 

BATU, Tugujatim.id – Kasus Covid-19 di Kota Batu terus meningkat. Beberapa Rumah Sakit (RS) Rujukan di Kota Batu kini kewalahan menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Batu Onny Ardianto menjelaskan, tingkat keterisian tempat tidur (bed) di ruang ICU beberapa RS Kota Batu telah mencapai 100 persen. Sementara ruang isolasi mencapai 89 persen.

“Kami juga sedang berupaya ada penambahan bed, tapi masih dikoordinasikan dengan pihak RS,” ujarnya, Sabtu (03/07/2021).

Dia mengatakan, tapi untuk fasilitas peralatan kesehatan sebagai penunjang isolasi masih memadai.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, saat ini pihaknya memang sedang mengupayakan penambahan bed di RS Rujukan Kota Batu.

“Rencananya akan dilakukan penambahan kapasitas. Tapi itu bukan jalan keluar, kami bisa menambah tapi yang harus dilakukan adalah penanganan di hulunya sehingga tidak ada tambahan jumlah yang sakit,” ujarnya.

Untuk itu, Dewanti mengimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap penambahan kasus Covid-19 yang masif ini.

“Kami juga sudah berkomunikasi terkait RS Lapangan dengan provinsi, tapi belum terlaksana karena harus ada kajian terlebih dulu. Mudah-mudahan RS Lapangan tidak diperlukan, tapi yang ada adalah orang yang sakit tidak bertambah,” paparnya.

 

  • Bagikan