3 Rekomendasi Menu Makanan yang Cocok Dimasak di Akhir Pekan - Tugujatim.id

3 Rekomendasi Menu Makanan yang Cocok Dimasak di Akhir Pekan

  • Bagikan
Ilustrasi memasak makanan yang cocok dimasak di akhir pekan. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Ilustrasi memasak makanan yang cocok dimasak di akhir pekan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Akhir pekan merupakan waktu untuk beristirahat setelah padatnya beraktivitas pada hari kerja. Terdapat banyak kegiatan yang bisa kita lakukan sambil beristirahat pada akhir pekan, salah satunya adalah memasak makanan yang lezat. Bagi kamu yang ingin memasak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi menu masakan sederhana yang akan menemanimu di akhir pekan.

1. Tahu Cabai Garam

Sesuai namanya, bahan utama dalam membuat menu masakan atau makanan ini adalah tahu dan cabai. Bahan lainnya seperti bawang putih, bawang daun dan garam serta lada dapat kita gunakan sebagai pelengkap agar lebih bercita rasa.

Cara memasaknya adalah pertama-tama kita harus memotong dadu tahu yang sudah kita siapkan, selanjutnya kita dapat menggoreng tahun tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang crispy, kita bisa balurkan tepung terigu sebagai lapisan terluar tahu.

Sambil menunggu tahu matang, kita bisa mengiris cabai, bawang putih, dan bawang daun. Kemudian tumis bahan bahan tadi hingga harum dan berwarna kecoklatan serta tambahkan garam dan lada sesuai selera.

Terakhir angkat dan tiriskan tahu kemudian masukkan kedalam tumisan cabai dan bawang. Masak sebentar kemudian aduk sampai merata, matikan api dan tahu cabai garam siap dinikmati!

2. Ayam Crispy Asam Manis

Jika kamu memiliki stok ayam di rumah, menu makanan ini cocok untuk kamu. Bahan yang diperlukan pun sangat sederhana, yaitu ayam fillet, tepung terigu, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, saus tomat, saus tiram, dan wijen sangrai (optional).

Pertama-tama potong dadu ayam fillet kemudian celupkan kedalam larutan tepung terigu dan goreng hingga coklat keemasan. Sambil menunggu ayam tersebut matang, kita bisa memotong bawang bombay, bawang putih, dan daun bawang.

Selanjutnya tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berubah warna. Kemudian masukkan saus tomat, saus tiram, garam, lada dan aduk hingga terdapat letupan. Lalu masukkan air dan tunggu hingga mendidih.

Terakhir masukkan ayam yang sudah ditiriskan serta masukkan daun bawang dan wijen sangrai. Aduk hingga merata dan ayam crispy saus asam manis siap disajikan!

3. Mac n Cheese

Salah satu masakkan yang berasal dari negara italia ini sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan adalah macaroni, keju, smoked beef, bawang bombay, bawang putih, tepung terigu, dan susu.

Pertama-tama rebus macaroni hingga lembut. Sementara itu kita bisa memotong bawang bombay, bawang putih, dan juga smoked beef. Kemudian tumis bawang hingga harum dan masukkan smoked beef. Tambahkan tepung terigu dan susu lalu aduk rata hingga mengental. Tak lupa tambahkan keju dan tunggu hingga meleleh serta tercampur rata.

Terakhir masukkan makaroni yang sudah ditiriskan, tambahkan pula lada garam sesuai selera dan aduk kembali. Jika sudah tercampur rata, mac n cheese siap disantap!

Nah itu dia tiga rekomendasi masakan sederhana yang bisa kamu coba diakhir pekan. Dengan cara memasaknya yang mudah kamu tidak akan kesulitan walaupun tidak bisa memasak. Yuk cek dapur kamu untuk mencari bahan bahannya! (Ifa Nadhifah Syah Putri/gg)

  • Bagikan