Sambut Delegasi Porwanas XIII 2022, Sutiaji Kenalkan Malang Creative Center

porwanas tugu jatim
Wali Kota Malang, Sutiaji memberi sambutan dalam jamuan makan malam Porwanas XIII 2022. Foto: Nurcholis MA Basyari/Tugu Jatim

MALANG, Tugujatim.id – Wali Kota Malang, Sutiaji memberikan sambutan dalam jamuan makan malam para delegasi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kongres Kerja Nasional (Konkernas) PWI, di Malang Creative Center (MMC), pada Minggu (20/11/2022).

Lebih dari 1.000 wartawan dari seluruh Indonesia hadir di Kota Malang untuk mengikuti Porwanas dan Konkernas PWI.

Dalam sambutannya, Sutiaji menyebut bahwa Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa sebenarnya juga ingin meninjau titik-titik acara Porwanas. Namun, hal itu urung karena adanya aksi di beberapa titik yang dilakukan oleh Aremania.

porwanas tugu jatim
Foto bersama Wali Kota Malang dengan peserta Porwanas XIII 2022 PWI. Foto: Nurcholis MA Basyari/Tugu Jatim

Sutiaji menyebutkan bahwa Malang masih berduka setelah 50 hari yang lalu terjadi tragedi Kanjuruhan. “Kita berharap negara bisa memberikan keadilan bagi kita semua,” ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, Sutiaji juga memberi penjelasan pada segenap wartawan yang hadir bahwa gedung MCC nantinya akan menjadi inkubasi bagi 17 industri kreatif. “Gedung ini akan jadi Silicon Valleynya Indonesia,” tambahnya.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Ketua PWI Pusat, Atsi Sembiring Depari. Dalam sambutannya, Atsi berharap agar acara Porwanas XIII ini dapat berjalan dengan sukses. Ia menyebut bahwa kompetisi akan berjalan ketat. “Kalau Jawa Barat nanti juara, tapi kata pak ketua Jawa Timur ini akan pindah ke Jawa Timur,” ucapnya.

Atsi juga bercerita bagaimana pengurus PWI seluruh Indonesia sangat bersemangat untuk hadir.
Namun sayang, perwakilan PWI Aceh mengalami kendala dalam perjalan sehingga tidak bisa hadir tepat waktu. “Menempuh jalur darat ke Medan, namun diperjalanan ada longsor, sehingga pesawatnya sudah berangkat,” jelasnya.

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfi Hakim yang turut memberi sambutan berharap dengan acara Porwanas ini dapat membuat industri kreatif di Malang raya bisa lebih hidup. “Acara ini akan ada dampak positifnya bagi Malang Raya,” harap Lutfi yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PB Porwanas Jawa Timur ini.