Mahasiswa Indonesia Sabet Best Presentation di International Conference Malaysia

indonesia tugu jatim
Tim ketika presentasi di 2nd Kuala Lumpur International Multidisciplinary Conference on Social Sciences, Innovation, Business and Economics melalui virtual meeting dan ditayangkan di akun Youth Global Academia Network, pada Sabtu lalu (29/10/2022). Foto: dok pribadi

Tugujatim.id – Mahasiswa Indonesia kembali mengukir prestasi membanggakan dalam kancah internasional. Kabar tersebut secara langsung dirilis pada akun resmi Facebook Global Academia Network, pada Sabtu lalu (12/11/2022).

Tim Indonesia melalui M Rahman dan Welas Sri Mulyati merupakan mahasiswa IPB University berkolaborasi bersama rekannya, Nida Nurul Tariq dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang juga tergabung dalam Program Pondok Inspirasi.

Mereka berhasil meraih Best Presentation Award pada event 2nd Kuala Lumpur International Multidisciplinary Conference on Social Sciences, Innovation, Business and Economics 2022 (KLIMCSIBE2022).

Konferensi tersebut dilaksanakan secara virtual, di mana mereka mendaftarkan paper pada bidang social science yang bersaing secara ketat dengan peserta tim dari negara lainnya, seperti Malaysia dan Filipina.

Mereka menuliskan sebuah paper dengan judul “The Impact of Using PT Paragon Technology and Innovation CSR Funds for Pondok Inspirasi Dormitory Development Program in Bogor”.

Karya ilmiah tersebut menjelaskan tentang kajian pengukuran efektivitas dampak penggunaan dana CSR PT Paragon Technology and Innovation untuk Program Pembinaan Asrama Pondok Inspirasi Bogor menggunakan metode Social Return on Investment (SROI).

Rasio hasil analisis perhitungan Social Return on Investment (SROI) selama enam bulan terhitung sejak Juli hingga Desember 2021 untuk mengukur efektivitas ekonomi, sosial, dan lingkungan Program Pembinaan Asrama Pondok Inspirasi di Bogor adalah sebesar 2,3.

Ini berarti bahwa untuk setiap $1 yang diinvestasikan oleh PT Paragon Technology and Innovation sebagai investor, terbentuk keuntungan positif sebesar $2,3 yang artinya program pelatihan asrama Pondok Inspirasi dikategorikan layak ditinjau dari perbandingan investasi dan dampak yang dihasilkan

PT Paragon Technology and Innovation adalah salah satu perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia dan pemegang beberapa merek terkemuka seperti Putri, Wardah, Emina, MakeOver, Kahf, Crystallure, Instaperfect, Biodef, Tavi, Wonderly. Ada empat pilar CSR, yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, dan lingkungan.

Pada pilar pendidikan, CSR PT Paragon Technology and Innovation berkolaborasi dengan mitra, salah satunya adalah Yayasan Pondok Inspirasi. Pondok Inspirasi binaan CSR PT Paragon Technology and Innovation terus menebar manfaat, membantu generasi muda yang membutuhkan dan ingin berkembang melalui pemberian dana untuk pengembangan diri anggota Asrama Pondok Inspirasi agar menjadi pribadi yang tangguh, pembelajar, kreatif, dan menginspirasi banyak orang.

Pengembangan diri tersebut meliputi beberapa program pembinaan di asrama, antara lain: Scientific Writing and Literacy, Leadership and Character, Entrepreneurship, Graphic Design and Photograph, dan Coaching and Mentoring.

Mengikuti International Conference merupakan pengalaman pertama dan berharga bagi mereka. Mereka harus bersaing dengan tim dari negara-negara lain dan banyak pengalaman yang mereka dapatkan.

Dalam menyusun paper dan mempersiapkan presentasi ini merupakan perjuangan yang tidak mudah bagi mereka, banyak tantangan yang mereka hadapi. Berkat perjuangan, kegigihan dan kekompakan, akhirnya mereka berhasil meraih penghargaan tersebut.

“Kami cukup struggle saat penyusunan paper ini, tapi alhamdulilah berkat tim yang suportif dan support dari Pondok Inspirasi, kami dapat menyelesaikan paper dan mempresentasikan karya kami dengan maksimal,” ucap Nida.

Mereka bertiga memang memiliki ketertarikan yang sama dalam hal menulis karya ilmiah. Walaupun merupakan pengalaman pertama mengikuti event international, tetapi mereka berhasil membuktikan bahwa mereka mampu bersaing di kancah internasional dan meraih best presentation award.

Mereka berharap dari karya yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi stakeholder yang membutuhkan dan semoga pembinaan Pondok Inspirasi dapat berjalan secara berkelanjutan dan terus memberi dampak pada pemuda-pemudi Indonesia.(*)