Sambut HJT ke-728, Unirow dan UB Gelar Diskusi Publik untuk Kupas Permasalahan Pesisir Tuban - Tugujatim.id

Sambut HJT ke-728, Unirow dan UB Gelar Diskusi Publik untuk Kupas Permasalahan Pesisir Tuban

  • Bagikan
Suasana diskusi publik yag digelar Unirow Tuban yang bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Rektorat Lantai 2 Unirow Tuban, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Suasana diskusi publik yag digelar Unirow Tuban yang bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Rektorat Lantai 2 Unirow Tuban, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Permasalahan di pesisir Tuban menjadi bahasan diskusi publik yang digelar Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow Tuban) dengan Universitas Brawijaya (UB), di Gedung Rektorat Lantai 2 Unirow Tuban, Sabtu (23/10/2021). Perhelatan ini sekaligus untuk menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-728 dan bagian dari Program Dosen Berkarya.

Rektor Unirow Tuban, Prof Dr Supiana Dian Nurtjahyani mengungkapkan, secara geografis, Tuban terletak di sepanjang pantai utara dengan panjang kurang lebih 65 km. Di mana meliputi sumber daya pantai, laut, perikanan budidaya, dan perikanan tangkap.

Kekayaan potensi yang dimiliki ini tentunya bisa memberikan efek domino untuk masyarakat pesisir. Namun demikian masyarakat masih merasakan adanya permasalahan-permasalahan yang ada.

“Kami selaku lembaga pendidikan tinggi ikut andil dalam menangani persoalan pesisir Tuban beserta solusinya. Di antaranya fokus pada penanganan limbah,” ujar Prof Dian.

Melalui progam studi (Prodi) Perikanan dan Kelautan, dan MIPA, Unirow selama ini secara rutin ikut menangani permasalahan pesisir. Misalnya penelitian terkait kebijakan, pengabdian masyarakat, reklamasi, konservasi lingkungan, maupun bersih pantai.

Ke depan lanjut Dian, bahwa kerjasama dengan perguruan tinggi lain akan ditingkatkan. Sebelum dengan UB, Unirow sendiri telah bekerjasama dengan ITS maupun Universitas Airlangga (Unair).

“Ini merupakan suatu berkah karena UB mau bermitra dengan Unirow dalam hal dosen berkarya,” imbuh dosen perempuan pertama di Unirow itu

Sementara itu, ketua tim Dosen Berkarya dari Universitas Brawijaya Malang, Prof Amin Setyo Leksono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan diskusi publik ini merupakan bagian dari Program Dosen Berkarya dari UB.

Tujuan dari program ini yang pertama untuk meningkatkan reputasi dan reconigtion (pengakuan) UB, serta meningkatkan peran serta UB dalam pembangunan di masyarakat khususnya dunia industri dan pemerintah daerah.

“Untuk itu dalam kegiatan ini UB menerjunkan 5 orang pakar terdiri dari ahli di bidang perikanan, peternakan, lingkungan dan matematika,” ungkap Guru Besar UB tersebut.

Untuk diketahui dalam kegiatan ini dihadiri oleh para narasumber adalah Prof Dr Supiana Dian Nurtjayani,M Kes selaku Rektor Unirow Tuban; Dr Ir M Amenan ST selaku Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban; Bambang Irawan selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tuban. Ada juga dari Kelompok Masyarakat Muhasan SH selaku Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa Tuban; dan Faisol Hasan selaku Ketua HSNI Tuban.

Selain itu ada narasumber dari UB yang terdiri dari Prof Dr Marjono M.Phil selaku Direktur Pascasarjana UB; Prof Amin Setyo Leksono, S.Si., M.Si.,Ph.D selaku Guru Besar UB; Prof Dr Ir Gatot Ciptadi, DESS., IPU., ASEAN. Eng selaku Guru Besar UB; Prof Dr Ir Harsuko Riniwati, MP selaku Guru Besar UB’ dan Ir Bambang Semedi, M.Sc., Ph.D. selaku dosen FPIK UB.

 

 

 

  • Bagikan