Sego Goreng KB, Kuliner Nasi Goreng di Malang dengan Cita Rasa Javanese-Chinese - Tugujatim.id

Sego Goreng KB, Kuliner Nasi Goreng di Malang dengan Cita Rasa Javanese-Chinese

  • Bagikan
Sego Goreng KB, menu nasi goreng dengan paduan cita rasa javanese food dan chinese food. (Foto: Ovi-Gufron/Tugu Jatim)
Sego Goreng KB, menu nasi goreng dengan paduan cita rasa javanese food dan chinese food. (Foto: Ovi-Gufron/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Bagi Anda pemburu kuliner khususnya nasi goreng, menu di Sego Goreng KB di Karangploso, Kabupaten Malang ini mungkin patut dicoba. Selain memiliki rasa lezat, dan bikin ketagihan, nasi goreng ini memiliki cita rasa berbeda, yakni berusaha memadukan budaya makanan jawa (Javanese food) dan makanan khas China (Chinese food).

Untuk diketahui, Sego Goreng KB ini beralamat di Pujasera Ayam Bakar Pak D, Jl Diponegoro No. 88, Ngambon, Grimoyo Karangploso, Kabupaten Malang.

Bermula dari hobi icip-icip kuliner, hal ini memotivasi Agus Salim Purnomo, seorang mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan S2 di Universitas Merdeka (Unmer) Malang untuk mendirikan usaha kuliner Sego Goreng KB rempah yang mempunyai ciri khas perpaduan antara makanan khas Jawa dan khas China.

“KB itu singkatan dari Kota Batu, jadi meskipun makannya di kota Malang tapi rasanya bisa Batu banget,” ungkap pemuda dengan postur badan yang berisi, itu.

Sego Goreng KB perpaduan antara Javanese food dan Chinese food ini memiliki beberapa varian isian, seperti Sego Goreng Kambing (segobing), Sego Goreng Ayam (segoyam), dan Sego Goreng Udang (segodang). Selain itu, terdapat tiga macam bumbu yakni bumbu rempah (Van), bumbu jawa (Der) dan bumbu merah (Man) yang keseluruhannya ini ia singkat menjadi bumbu Vanderman.

Sego Goreng KB ini beralamat di Pujasera Ayam Bakar Pak D, Jl Diponegoro No. 88, Ngambon, Grimoyo Karangploso, Kabupaten Malang. (Foto: Ovi-Gufron/Tugu Jatim)
Sego Goreng KB ini beralamat di Pujasera Ayam Bakar Pak D, Jl Diponegoro No. 88, Ngambon, Grimoyo Karangploso, Kabupaten Malang. (Foto: Ovi-Gufron/Tugu Jatim)

Cita rasa rempah Jawa yang kuat dan tekstur Chinese, akan menggoyangkan lidah penikmat ketika mencicipi kuliner satu ini. Toppingnya terdiri dari daun kemangi, kerupuk kentang, dan acar buah apel khas kota Batu. Selain itu pembeli juga bisa memesan kerupuk emping melinjo secara terpisah, bagi yang suka.

“Van Der Man, itu nama orang Belanda yang pertama kali menemukan gunung Panderman. Jadi, sego gorengnya KB ala Javanese – Chinese, bumbunya Panderman, acarnya buah apel, makannya di Malang,” terangnya sembari tersenyum.

Tidak hanya itu, Bong Agus sapaan akrabnya itu, memiliki latar belakang China, tak heran jika ia banyak belajar tentang masakan Chinese halal ketika tinggal dengan kerabatnya. Ia juga menambahkan bahwa Sego Goreng KB ini berbeda dari sego goreng pada umumnya, seperti sedikit menggunakan minyak goreng dan lebih banyak menggunakan minyak nabati, tidak menggunakan saus, sedikit menggunakan MSG, dan sederet bumbu rahasia turun temurun lainnya.

“Sebenarnya penggunaan MSG sangat sedikit, saking sedikitnya sampai boleh dikatakan tidak ada. Insyaallah, bulan depan ini kita sudah no-MSG,” ungkapnya.

Kuliner ini sangat recommended, karena selain nasi gorengnya yang nikmat dan khas, tempatnya juga bersih, nyaman dan luas. Bagi Anda yang tidak suka duduk di kursi, anda bisa memilih duduk lesehan, atau bagi yang tidak suka indoor, bisa memilih outdoor dengan view persawahan dan pegunungan, sangat indah bila dinikmati sore hari.

“Kita buka dari pukul 15:00-23:00 setiap hari kecuali Kamis dan Jumat, rate harga seporsi Sego Goreng KB mulai Rp 12 – 15 ribu, sangat terjangkau semua kalangan, pokoknya ramah di kantong,” imbuhnya.

“Perihal rasa, saya berani bersaing dengan nasi goreng yang lain”, tegasnya.

Selain pemesanan langsung, pembeli dapat memesan melalui aplikasi pengantaran makanan, outlet ini juga menerapkan sistem kartu member, setelah pembelian ke-10 pelanggan akan mendapatkan free seporsi sego goreng bebas varian sesuai yang diinginkan.

Bagaimana? Anda tertarik memanjakan lidah dengan kuliner satu ini? Tunggu apa lagi? (Ovi-Gufron/gg)

  • Bagikan