Seperempat Abad Balapan, Valentino Rossi Akhirnya Nyatakan Pensiun

Seperempat Abad Balapan, Valentino Rossi Akhirnya Nyatakan Pensiun

  • Bagikan
Valentino Rossi ketika mengumumkan pensiun dari MotoGP pada Kamis (5/8/2021)/tugu jatim
Valentino Rossi ketika mengumumkan pensiun dari MotoGP pada Kamis (5/8/2021). (Foto: SS Video/motogp.com)

Tugujatim.idValentino Rossi akhirnya menyakan pensiun dari MotorGP. Keputusan ini diketahui setelah sang legenda itu melakukan konferensi pers jelang Grand Prix of Styria pada Kamis (5/8/2021). Pembalap kelahiran Italia tersebut memastikan bahwa tahun depan tidak akan kembali ke sirkuit lagi.

Pada awalnya, rider bernomor 46 tersebut mengungkapkan akan membuat keputusan pada tahun depan usai libur musim panas. Namun, ternyata dia membuat keputusan lebih cepat dari yang direncanakan, dia menyatakan pensiun pada akhir musim ini.

“Itu sulit, ini momen yang sangat menyedihkan. Karena sulit untuk mengatakannya dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan sepeda motor, suatu hal yang sudah saya lakukan selama saya pikir kurang lebih 30 tahun,” ungkap pembalap yang juga kerap disapa Vale itu melansir MotoGP.

Dalam konferensi pers tersebut, Rossi pun mengungkapkan bahwa selama seperempat abad banyak sekali momen berharga yang tidak terlupakan. Terlebih lagi kebahagiaan ini didapat dari banyaknya kemenangan yang diraih.

Meskipun masih memiliki setengah musim untuk membalap, Rossi mengatakan bahwa keputusan sulit ini memang sengaja ia umumkan dipertengahan musim ini. Dia ingin memberitahu pada semua penggemarnya. Karena baginya akan lebih sulit mengatakan pensiun di akhir musim.

Sebagai tambahan informasi, Valentino Rossi telah menjadi juara dunia 9 kali, dengan 115 kemenangan dan 235 podium. Dia juga menjadi satu-satunya sosok dalam sejarah yang memenangkan gelar di kategori 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

  • Bagikan