Setahun Empat Kali Kotak Amal Masjid di Tuban Dicuri, Terakhir Pelaku Terekam CCTV

Setahun Empat Kali Kotak Amal Masjid di Tuban Dicuri, Terakhir Pelaku Terekam CCTV

  • Bagikan
Pencurian Kotak Amal Masjid
Umar (57), juru kunci dari Masjid Albayinat menunjukan kotak amal yang dirusak dan diambil isinya oleh pelaku. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.idPencurian kotak amal masjid di Kabupaten Tuban semakin marak selama Pandemi Covid-19 belakangan ini. Salah satunya korbannya, Masjid Al Bayyinat di Desa Sugiwaras, Kecamatan Jenu sudah empat kali kotak amalnya dicuri orang.

Bahkan aksi pencurian yang terakhir terekam kamera CCTV masjid Al Bayyina. Namun sayang, hingga saat ini pelaku belum juga tertangkap.

Umar (57), juru kunci Masjid Al Bayyinat, mengungkapkan aksi pencurian kotak amal itu baru diketahui pengurus masjid pada hari Senin (29/11/2021) sore, setelah mengetahui kunci kotak amal rusak.

Mengetahui hal itu, pengurus masjid menuju ruang monitor CCTV dan langsung membuka hasil rekaman. Ternyata benar, terlihat dari rekaman CCTV pencuri melakukan aksinya sekitar pukul 02.58 WIB, dini hari.

“Tahunya kemarin sore, ada yang memberitahu saya kalau kotak amalnya yang di toilet belakang dicongkel,” terang Umar.

Umar menambahkan, ciri-ciri pelaku menggunakan kaos warna putih dan bercelana pendek. Pelaku masuk melalui lorong sebelah selatan masjid dan langsung menuju ke area kotak amal yang ada di kamar mandi belakang masjid itu.

“Terlihat seperti sendirian, kemudian kotaknya dicongkel, mungkin pakai obeng. Itu dua kali ngambilnya,” sambung Umar saat ditemui di masjid tersebut.

Selain itu, Umar menerangkan dalam waktu satu tahun ini untuk kotak amal masjid itu dicuri sebanyak empat kali. Dua di antarnya berada di bagian belakang masjid, sedangkan sisanya di dalam masjid.

“Kejadian seperti ini sudah empat kali. Untuk yang di dalam, pelaku malah masuk dengan mencongkel pintu,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak kepolisian dari jajaran Polsek Jenu, Polres Tuban mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

  • Bagikan