Siapkan 750 Dosis, Polres Tuban Vaksinasi Santri di Ponpes Modern Muslimah - Tugujatim.id

Siapkan 750 Dosis, Polres Tuban Vaksinasi Santri di Ponpes Modern Muslimah

  • Bagikan
Proses vaksinasi yang dilakukan vaksinator kepada santri Pondok Pesantren Modern Muslimah Tuban pada Selasa (07/09/2021). (Foto: Diskominfo Tuban/Tugu Jatim)
Proses vaksinasi yang dilakukan vaksinator kepada santri Pondok Pesantren Modern Muslimah Tuban pada Selasa (07/09/2021). (Foto: Diskominfo Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Polres Tuban menyiapkan 750 dosis vaksin Covid-19 yang menyasar santri-santriwati di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Muslimah Tuban (Mutu) di Jalan Tuban-Babat KM 01 No 54, Widengan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (07/09/2021).

Vaksinasi merdeka ini merupakan kegiatan serentak se-Indonesia yang dilakukan di pondok pesantren dan rumah ibadah. Perhelatan ini dibuka langsung Presiden Jokowi secara virtual di salah satu pesantren di Kabupaten Ponorogo. Kegiatan vaksinasi ini merupakan sinergi antara Polri dan Staf Khusus Presiden RI.

“Di Kabupaten Tuban, ada sebanyak 750 dosis untuk pelaksanaan vaksinasi merdeka hari ini,” terang Kapolres Tuban AKBP Darman.

Proses entri data vaksinasi yang dilakukan petugas kepada para santri di Ponpes Modern Muslimah Tuban (Mutu) pada Selasa (07/09/2021). (Foto: Diskominfo Tuban/Tugu Jatim)
Proses entri data vaksinasi yang dilakukan petugas kepada para santri di Ponpes Modern Muslimah Tuban (Mutu) pada Selasa (07/09/2021). (Foto: Diskominfo Tuban)

Perwira kelahiran Demak ini menambahkan, selain di Ponpes Modern Muslimah Tuban, pihaknya juga telah memerintahkan jajaran polsek turut serta melaksanakan vaksinasi di berbagai ponpes di masing-masing wilayah. Hal itu untuk menciptakan herd immunity di lingkungan pesantren maupun di tempat ibadah.

“Kami telah memberikan vaksin di sejumlah pesantren yang jauh-jauh. Kami juga telah menyerahkan vaksin kepada kapolsek-kapolsek untuk menunjuk pesantren di wilayah masing-masing agar terjadi pemerataan,” imbuh mantan Kapolres Sumenep tersebut.

Screening dilakukan tenaga medis kepada calon penerima vaksin merdeka pada Selasa (07/09/2021). (Foto: Diskominfo Tuban/Tugu Jatim)
Screening dilakukan tenaga medis kepada calon penerima vaksin merdeka pada Selasa (07/09/2021). (Foto: Diskominfo Tuban)

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi untuk ponpes dan tempat ibadah ini merupakan program yang diinisiasi oleh Polri dan Staf Khusus Presiden RI Aminudin Ma’ruf.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi merdeka, pihaknya juga meresmikan Bank Sekolah dan Kopontren Muslimah Tuban sebagai upaya pihak ponpes untuk memberikan bekal kepada santri-santriwati ketika sudah lulus.

“Hari ini kami juga meresmikan Bank Sekolah dan Kopontren Muslimah Tuban. Di mana ini merupakan terobosan untuk memberikan bekal kepada santri-santriwati agar siap bersaing ketika nanti sudah keluar dari ponpes,” ujarnya.

  • Bagikan