Sinopsis Film Escape Plan, Usaha Sylvester Stallone Kabur dari Penjara Paling Aman - Tugujatim.id

Sinopsis Film Escape Plan, Usaha Sylvester Stallone Kabur dari Penjara Paling Aman

  • Bagikan
Sylvester Stallone dalam film Escape Plan (2013)
Sylvester Stallone dalam film Escape Plan (2013). (Foto: IMDb)

Escape Plan merupakan film bergenre laga yang berasal dari Amerika Serikat. Film ini menampilkan banyak adegan aksi laga yang seru dari awal hingga akhir cerita. Film ini digarap sesuai arahan sutradara bernama Mikael Håfström. Ia merupakan sutradara sekaligus penulis latar asal Swedia.

Skenario film Escape Plan ditulis berdasarka sebuah komik karya Miles Chapman dengan judul yang sama. Maka dari itu, Miles turut menulis skenario fim ini bersama Arnell Jesko.

Baca Juga: 56 Jurnalis jadi Korban Kekerasan saat Liput Demo UU Cipta Kerja

Film Escape Plan dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan yang telah malang melintang di dunia perfilman. Pemeran utama dalam film ini adalah Sylvester Stallone. Selain itu ada pula aktor dan aktris lainnya yang turut berperan dalam film ini, seperti Arnold Schwarzenegger, 50 Cent, Sam Neill, Faran Tahir, Vinnie Jones, Vincent D’Onofrio, Caitriona Balfe, dan Amy Ryan.

Sinopsis Film Escape Plan

Film ini mengisahkan tentang seorang ahli keamanan yang ditahan di sebuah penjara dengan sistem keamanan nomor satu di dunia. Rey Breslin (Sylvester Stallone) merupakan tokoh utama dalam film Escape Plan ini. Ia merupakan orang ahli keamanan.

Ia memiliki beberapa yang biasa membantunya dalam menjalankan aksi-aksi berbahaya. Mereka adalah Lester Clark, Abigail, dan Hush. Mereka pun memiliki sebuah perusahaan keamanan. Mereka juga dikenal sebagai spesialis pembobol penjara yang dikenal memiliki keamanan tertinggi di dunia.

Dalam film Escape Plan ini, Breslin diceritakan bahwa dia menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk melakukan pekerjaan berbahaya tersebut. Ia harus keluar dan masuk penjara untuk menemukan kelemahan penjara.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

Breslin harus mempelajari segala hal, mulai dari desain penjara hingga kebiasaan para penjaga untuk menemukan celah bagaimana kabur tanpa hambatan dari penjara tersebut. Setelah ia berhasil keluar, ia akan melaporkan kelemahan penjara tersebut kepada para kliennya.

Breslin dalam film Escape Plan ini tidak sekadar melaposkan hasil kerjanya kepada para klien, tetapi juga menuliskan pengalaman tersebut dalam sebuah buku yang ia karang sendiri.

Suatu hari, seorang agen CIA bernama Jessica Miller mendatangi Breslin. Ia meminta Breslin untuk menguji kelemahan penjara dengan keamanan paling canggih di dunia. Ia pun menawarkan bayaran yang cukup tinggi, yakni 5 juta dolar AS.

Breslin menerima tawaran Miller. Ia pun diharuskan menggunakan nama samaran dan tidak boleh melakukan kontak dengan dunia luar saat menjalankan pekerjaan tersebut. Penjara yang menjadi target Breslin bernama The Tomb. Penjara tersebut memiliki keamanan yang super canggih.

Kamar masing-masing tahanan terbuat dari kaca yang tebal sehingga tidak memungkinkan seseorang untuk kabur dari sana. Sementara itu, lokasi penjara berada di tempat yang tidak diketahui oleh semua napi yang ada di dalamnya termasuk Breslin.

Baca Juga: Hobi Menyaksikan Video Binatang Lucu dan Imut Baik untuk Kesehatan, Studi Membuktikan

Ketika masuk ke The Tomb, Breslin yang diperankan oleh Sylvester Stallone ini menyadari tentang adanya konspirasi yang membuat dirinya terjebak di dalam penjara tersebut. The Tomb dipimpin oleh sipir kejam bernama Warden Hobbesdan dan kepala keamanan bernama Drake.

Meskipun demikian, Breslin cukup beruntung karena bertemu dengan Emil Rottmayer yang mau membantunya mencari celah untuk kabur dari The Tomb.

Arnold juga membantu Breslin untuk menemukan siapa penghianat yang menjebak Breslin. Setelah ditelusuri, sebuah fakta mencengangkan punterungkap. Ternyata penjara tersebut dibuat oleh pihak swasta yang sistem keamanannya mengacu pada buku karangan Breslin sebagai panduan sehingga minim resiko tahanan kabur.

Review

Proses produksi film Escape Plan menghabiskan anggaran yang cukup banyak, yakni 54 juta dolar Amerika Serikat. Hal tersebut pun sesuai dengan pendapatan yang diperoleh film ini. Pendapatan kotor film ini mencapai 137,3 juta dolar Amerika Serikat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Saeguk, Drama Korea Berlatar Belakang Kerajaan

Film berdurasi 115 menit ini didistribusikan secara resmi oleh Summit Entertaiment. Film ini dirilis pertama kali pada 18 Oktober 2013. Film ini pun berhasil mendapatkan rating 6,7 dari 10 di laman IMDb. Sementara itu, laman metacritic memberikan nilai 49 dari 100 untuk film aksi ini. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan