Sisa Kebakaran Pasar Bungkul Bojonegoro Dijual ke Pengepul Barang Rongsok

Sisa Kebakaran Pasar Bungkul Bojonegoro Dijual ke Pengepul Barang Rongsok

  • Bagikan
Warga bergotong royong membersihkan sisa kebakaran Pasar Bungkal, Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.
Warga bergotong royong membersihkan sisa kebakaran Pasar Bungkal, Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Api yang menghanguskan Pasar Bungkal, Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro sudah padam. Belasan warga mulai mengais barang sisa yang masih bisa manfaatkan di pasar tersebut, Kamis (23/6/2022).

Terlihat warga yang merupakan pemilik kios membersihkan sisa-sisa kebakaran yang menghanguskan setidaknya 20 kios di Pasar Bungkal, Desa Sidobandung itu.

Terlihat tumpukan kayu, seng, plastik berserakan dan sudah hangus, bahkan telah menjadi arang. Selain itu, pecahan kaca dan paku juga berceceran memenuhi lahan di tengah Pasar Bungkal.

Warga yang datang segera melakukan pembersihan dengan peralatan seadanya. Kemudian, sisa seng dan kayu yang masih bisa dimanfaatkan diangkut menggunakan mobil bak. Rupanya, sisa seng itu akan dijual ke pengepul barang rongsok.

“Itu (seng) dijual jadi barang rongsok, kan lumayan,” ujar Niswatin.

Niswatin adalah salah satu pemilik kios yang menjadi korban kebakaran Pasar Bungkal Rabu (22/06/2022) kemarin.

Dia hanya bisa melihat teman-teman pedagangnya membawa sisa barang yang masih bisa dimanfaatkan. Sedangkan dia sendiri hanya bisa pasrah, lantaran tak ada yang bisa dikais dari sisa kebakaran itu.

“Kios saya ludes terbakar, semuanya hangus. Padahal kemarin jajanan baru kulak (beli),” ungkapnya.

Sama halnya dengan korban kebakaran lainnya, Salim, bahkan dirinya harus merugi hingga ratusan juta rupiah.

“Kerugiannya sampai 200 juta, soalnya juga kan jual barang elektronik, sama barang-barang pecah belah, sudah ndak ada yang tersisa,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pasar Bungkal, Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro hangus dilahap di jago merah, Rabu (22/06/2022). Kejadian ini diketahui pertama kali oleh anak-anak yang bermain di sekitar pasar.

Setelah mendapat pemberitahuan tersebut, warga segera melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya sebelum petugas Pemadam Kebakaran sampai di lokasi kejadian.

Beruntung, saat kebakaran tidak ada aktifitas jual beli di pasar tersebut.

Dinas Pemadam kebakaran yang melakukan evakuasi dalam kejadian ini telah mengerahkan 6 unit fire truck beserta 30 personil, dan 2 back up water suply dari BPBD Bojonegoro. Selanjutnya api dapat dipadamkan pukul 16.00 WIB.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan