SM Entertainment Raih Penjualan Album Tertinggi dari “4 Besar” Perusahaan Korea pada Kuartal 2 - Tugujatim.id

SM Entertainment Raih Penjualan Album Tertinggi dari “4 Besar” Perusahaan Korea pada Kuartal 2

  • Bagikan
EXO dan NCT Dream. (Foto: Twitter resmi @SMTOWNGLOBAL @NCTsmtown_DREAM @weareoneEXO/Tugu Jatim)
EXO dan NCT Dream. (Foto: Twitter resmi @SMTOWNGLOBAL @NCTsmtown_DREAM @weareoneEXO)

KOREA SELATAN, Tugujatim.id – SM Entertainment kembali unggul dalam penjualan album di kuartal kedua 2021. Sempat turun menjadi peringkat kedua dari “4 Besar” perusahaan industri Korea Selatan, SM Entertainment kembali membuktikan popularitas para artisnya. “4 Besar” perusahaan industri hiburan Korea Selatan ini terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, Big Hit Entertainment, dan JYP Entertainment.

Dilansir dari kpopstarz.com, menurut Park Ha-Kyung, seorang peneliti di Korea Investment & Securities, SM Entertainment mencapai penjualan album terbesar pada kuartal kedua tahun 2021 di antara “4 Besar” perusahaan hiburan.

Pada paro pertama tahun 2021, NCT sendiri telah menjual lima juta album. SM Entertainment akhirnya mencatat total sembilan juta kopi hanya dalam dua kuartal tahun ini (dari Januari hingga Juni).

Untuk kali pertama dalam sejarah perusahaan, NCT melampaui volume penjualan tahunan sebesar 9,05 juta kopi (yang mereka capai pada tahun 2020) hanya dalam dua kuartal.

Ahn Jin-ah, peneliti di eBest Investment & Securities, kemudian membeberkan penjualan album SM Entertainment dari April hingga Juni dan siapa artis yang paling banyak menyumbang.

Peneliti Ahn mengatakan, SM Entertainment memiliki penjualan album sebesar 6,29 juta kopi hanya dalam kuartal kedua tahun 2021. Jumlah ini menunjukkan peningkatan lebih dari 156% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Ahn Jin-ah menjelaskan, pertumbuhan penjualan album SM Entertainment di kuartal kedua 2021 disebabkan oleh peningkatan aktivitas unit dan aktivitas solo. Tidak lain seperti NCT Dream yang terjual 3,16 juta kopi, EXO yang terjual 1,79 juta kopi, dan banyak lagi.

Dibandingkan dengan hasil pada kuartal kedua tahun 2020, perusahaan mencatat peningkatan EXO lebih dari 55,8% dalam penjualan albumnya tahun ini.

Penjualan musik SM Entertainment juga meningkat. Dalam enam bulan terakhir, agensi mampu memperoleh 34,3 miliar won. Ini meningkat lebih dari 78,5% dibandingkan dengan penjualan mereka di kuartal kedua 2020.

Park Ha-Kyung pun kembali menyatakan bahwa pertumbuhan artis K-pop tahun 2021 ini menunjukkan peningkatan yang tajam.

Peneliti Park menunjukkan bahwa karena berbagai kegiatan sub-unit NCT yang dijadwalkan pada paro kedua tahun ini, penjualan album tahunan SM Entertainment bisa mencapai 16,3 juta, meningkat 80% dari rekor tahun lalu.

Korea Investment & Securities juga memproyeksikan pendapatan perusahaan industri hiburan no 1 ini akan meningkat signifikan hingga tahun depan.

Sementara itu, Ahn Jin-ah menyinggung potensi konser offline di paro kedua tahun ini yang lagi-lagi akan sangat berkontribusi pada pendapatan tahunan SM Entertainment.

Peneliti Ahn mengatakan, jika konser offline akan dilanjutkan pada bulan-bulan berikutnya, pendapatan label pada tahun 2021 akan meningkat.

Secara khusus, penjualan SM Entertainment pada tahun 2021 akan mencapai 666,8 miliar won (peningkatan lebih dari 15%), dan laba operasional tahun 2021 yang akan menjadi 73,3 miliar won (peningkatan lebih dari 1,029%).

Peneliti Ahn lebih lanjut memperkirakan bahwa bisnis platform, yang tidak dapat dihindari untuk konten K-pop, mungkin terjadi pada paro kedua tahun 2021. Dinilai bahwa dasar-dasar bisnis utama akan fokus pada fandom global boy grup populer seperti NCT dan EXO.

Bagaimana? Popularitas NCT dan EXO sungguh luar biasa kan? SM Entertainment pun selalu berhasil menyajikan konsep-konsep yang selalu memukau setiap penggemar dari artis di bawah naungannya. Para penggemar juga selalu antusias menyambut artis-artis kesayangan mereka. Siapa artis kesayangan kalian?

  • Bagikan