Stadion Kanjuruhan Malang Siap jadi Tuan Rumah Piala Menpora 2021 - Tugujatim.id

Stadion Kanjuruhan Malang Siap jadi Tuan Rumah Piala Menpora 2021

  • Bagikan
Ilustrasi saat M. Rafli usai mencetak gol ke-2 bagi Arema FC saat melawan Bali United di Stadion Kanjuruhan Senin (16/12/2019). (Foto: Bayu Eka Novanta/Tugu Jatim)
Ilustrasi saat M. Rafli usai mencetak gol ke-2 bagi Arema FC saat melawan Bali United di Stadion Kanjuruhan Senin (16/12/2019). (Foto: Bayu Eka Novanta/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Dalam waktu dekat, para gila bola (gibol) Indonesia yang sudah haus tontonan akan disuguhi turnamen pramusim yaitu Piala Menpora 2021. Rencana, turnamen itu akan berlangsung pada 20 Maret-25 April 2021. Nah, Stadion Kanjuruhan Malang jadi kandidat kuat tempat penyelenggaraannya.

Media Officer Arema FC, Sudarmaji mengatakan, jika pihaknya ditunjuk tuan rumah Piala Menpora 2021 itu mengaku siap. Apalagi, dari segi infrastruktur, Stadion Kanjuruhan atau Kandang Singa juga terbilang mumpuni. Dari segi pengalaman, Arema juga sudah berkali-kali ditunjuk sebagai panitia penyelenggara turnamen sepak bola.

”Tapi itu masih belum pasti, kami masih menunggu surat resminya. Akan kami segera komunikasikam sehingga cepat dilakukan persiapan,” terang dia kepada wartawan, kemarin.

Hadirnya Piala Menpora 2021 ini tentu menjadi angin segar setelah setahun lamanya stadion dibiarkan melompong tanpa kompetisi akibat pandemi. Menghadapi ajang turnamen itu, pihaknya juga tetap akan memperhatikan asas protokol pencegahan.

‘Soal itu pun kami siap menegakkan protokol kesehatan. Gak hanya turnamen itu, saya harap juga busa nantinya berlanjut ke kompetisi. Jadi perlu ada beberapa penyesuaian,” kata dia.

Sudarmaji menambahkan, Stadion Kanjuruhan juga memiliki catatan baik sebagai tuan rumah ajang sepak bola. Kata dia, jika ditunjuk lagi nanti, menurut dia sudah mumpuni. Bahkan, pihaknya juga selama ini sudah mempersiapkan simulasi pertandingan di masa pandemi.

”Kita sudah ada simulasi bagaimana pertandingan ini bisa digelar dengan aturan pengetatan protokol kesehatan. Saya harap ini bisa jadi pertimbangan pemerintah agar bisa memberi izin penyelenggaraan kompetisi,” tandasnya.

Sebatas informasi, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan Piala Menpora 2021 akan digelar di empat kota, yaitu Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang serta diikuti 18 peserta Liga 1 plus dua kontestan Liga 2 musim ini, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Selain 4 kota itu, PSSI dan PT LIB juga menyiapkan empat lokasi Turnamen Prakompetisi alternatif, yaitu Solo, Samarinda, Lampung, dan Palembang. Iriawan menyatakan, apabila turnamen pramusim ini bisa berjalan lancar dengan protokol kesehatan, Liga 1 2021 berpeluang besar mendapatkan izin dari Polri. (azm/gg)

  • Bagikan