Status PPKM Kota Malang Turun ke Level 2, 86 Taman Kota Siap Dibuka - Tugujatim.id

Status PPKM Kota Malang Turun ke Level 2, 86 Taman Kota Siap Dibuka

  • Bagikan
Suasana Alun alun Kota Malang, salah satu taman kota di Bhumi Arema. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Suasana Alun alun Kota Malang, salah satu taman kota di Bhumi Arema. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Pemerintah Kota Malang menyatakan siap untuk membuka kembali 86 taman kota seiring penurunan status PPKM ke Level 2.

“Semua taman siap dibuka. Kalau jumlah taman besar dan kecil itu ada 86 taman. Mulai Alun alun yang besar sampai taman yang kecil kecil di kampung kampung itu,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hudup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, sejumlah taman kota tersebut telah direncanakan jauh jauh hari sebelum PPKM Kota Malang turun level. Jadi pendataan kesiapan taman untuk bisa dibuka telah dilakukan. Kini pihaknya tinggal menetapkan kapasitas pengunjung dan jadwal pembukaan taman itu.

“Prinsipnya kami siap dan rencananya besok saya mau koordinasi dengan Sekda bagaimana petunjuknya. Kemudian lanjut ke Wali Kota pelaksanaannya kapan,” jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan telah menyiapkan personel bersama tim dari Satpol PP Kota Malang untuk pemantau penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung taman kota tersebut.

“Rencana targetnya tentu secepatnya. Tapi kami koordinasi dulu dengan Sekda dan Wali Kota. Baru nanti kita buka karena sudah PPKM Level 2, kan masyarakat juga sudah jenuh dirumah terus,” ucapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Malang, Sutiaji juga mengatakan bahwa taman kota sudah boleh dibuka berdasarkan Inmendagri No.53/2021 tentang PPKM Jawa Bali. Sehingga pihaknya juga berani memberikan kelonggaran di Kota Malang.

“Taman di Inmendagri sudah boleh dibuka. Nanti taman mana yang sudah siap, kita data termasuk penjagaannya, karena harus ada penjaganya. Masuk harus bermasker,” bebernya.

Pihaknya juga memastikan bahwa nantinya akan ada operasi secara berkala terkait penerapan protokol kesehatan dalam taman kota tersebut. Sehingga paparan Covid-19 di lingkungan taman kota bisa diminimalisasi.

 

  • Bagikan