Suara Dentuman Misterius Terdengar di Malang, BPBD dan BMKG Beri Tanggapan

  • Bagikan
Aurora borealis, ilustrasi suara dentuman misterius yang terdengar di wilayah Malang Raya. (Foto: Pixabay) tugu jatim
Aurora borealis, ilustrasi suara dentuman misterius yang terdengar di wilayah Malang Raya. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Warga Malang dihebohkan dengan suara dentuman keras misterius pada Rabu (03/01/2021) dini hari.

Sejak menjelang tengah malam, dentuman misterius itu terus berlangsung hingga kurun waktu beberapa jam. Yusetyo, warga Jalan Klayatan, Kecamatan Sukun, Kota Malang mengaku mendengar suara dentuman keras dari sejak pukul 01.00 WIB

“Jam 02.00 WIB itu makin keras suaranya dan intens. Suaranya seperti ‘jedung..jedung’ jedanya 5 detik. Bahkan teman saya di Wagir bilang kalau kaca rumahnya sampai bergetar,” ujarnya.

Bahkan, peristiwa ini sempat ramai di Twitter hingga muncul lebih dari 14 ribu cuitan. Termasuk mencuri perhatian salah seorang Komika, Dzawin Nur yang pada saat itu tengah berada di Malang.

Baca Juga: Kapolres Malang: Suara Dentuman di Malang Raya Bukan dari Latihan Militer atau Letusan Gunung

“Gua lagi di Turen Malang, Ada yg denger suara dentuman berkali kali ngga?” tulisnya. Sontak cuitam ramai di komentari netizen yang mayoritas merasakan dentuman. Ada yang berspekulasi suara itu berasal dari aktivitas Gunung Raung maupun Gunung Semeru.

Sementara itu, adanya peristiwa misterius ini dibenarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. Hingga saat ini, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang, lantaran pihaknya juga terus menelusuri asal muasal suara tersebut.

“Krungu suara dentuman ga rek? Mimin masih belum bisa memperkirakan itu suara dentuman berasal dari mana, ini masih gali info kepada rekan-rekan daerah lain, mohon waktu ya teman? sekalian kita berdoa Bersama-sama semoga selalu diberikan keselamatan,” tulis akun bpbd_kotamalang itu.

Sementara itu, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) belum bisa memastikan terkait sumber suara dentuman misterius tersebut.

“Berdasarkan data sensor seismis di Malang, Tretes, dan Gedangan pada rentang waktu pukul 24.00-03.00 WIB tidak menunjukan peningkatan aktivitas kegempaan, demikian pula dari data aktifitas sambaran petir juga tidak menunjukan anomali peningkatan,” beber Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang, Ma’muri ketika dihubungi via WhatsApp, Rabu (3/2/2021) pagi.

Ketika disinggung apakah ada kemungkinan bahwa suara dentuman tersebut berasal dari erupsi Gunung Semeru, pihaknya menyatakan bahwa suara dentuman misterius tersebut bukan berasal dari sana.

Baca Juga: BPBD: Dentuman Misterius di Malang Bukan Berasal dari Gunung Semeru dan Raung

“Kalau informasi dari BPBD Kabupaten Malang, Gunung Semeru nihil,” imbuhnya.

Pihaknya, hingga saat ini juga terus menggali dan mencari informasi terkait suara dentuman misterius yang didengar oleh warga Malang Raya tersebut.

“Jadi sampai saat ini kami masih belum jelas kepastian sumber suara dentuman tersebut,” pungkasnya. (fen/gg)

BPBD: Dentuman Misterius di Malang Bukan Berasal dari Gunung Semeru dan Raung

  • Bagikan