Suka Nonton ASMR Mukbang? Ini Dampaknya, sebelum Anda Kecanduan! - Tugujatim.id

Suka Nonton ASMR Mukbang? Ini Dampaknya, sebelum Anda Kecanduan!

  • Bagikan
(Foto: YouTube Channel Eat With Boki/Tugu Jatim)
(Foto: YouTube Channel Eat With Boki)

MALANG, Tugujatim.id – Siapa sih yang nggak kenal dengan mukbang? Belakangan ini ramai sekali netizen yang menyaksikan acara yang berhubungan dengan makanan ini, baik di YouTube maupun aplikasi hiburan lainnya. Diketahui, tren mukbang itu sendiri berasal dari Korea Selatan dan mulai dipopulerkan sekitar tahun 2010 hingga saat ini.

Meski beberapa orang merasa risih dengan acara tersebut, faktanya para mukbangers selalu kebanjiran viewers dan followers yang membuat mereka dapat meraup pundi-pundi uang hanya dari siarannya. Akhirnya hal itu memicu banyak orang untuk mengikuti trennya.

Dilansir dari Indiatimes, alasan banyak orang menonton ASMR mukbang sendiri adalah untuk memuaskan rasa lapar para penonton. Selain itu, bagi sebagian orang, suara-suara yang terekam dalam video cenderung menyenangkan dan menenangkan untuk didengar. Dan terkadang menonton video mukbang juga dapat memberikan nafsu makan kepada mereka karena rasa penasaran yang dibuat si BJ atau broadcast jockey atau lebih dikenal dengan pemandu acaranya.

Hayo, siapa di antara kamu yang suka menonton mukbang? Yuk simak dampaknya terlebih dahulu sebelum ketagihan!

Dikutip dari artikel The Psychology of Mukbang Watching: A Scoping Review of the Academic and Non-academic Literature yang diterbitkan oleh link.sprinkle.com, orang-orang kerap kali merasa kesepian, ditambah dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, membuat mereka mencari hiburan lain untuk mengusir stres meski hanya berada di rumah saja. Menonton mukbang pun menjadi pilihan untuk membuat mereka merasa memiliki “teman saat makan”. Ini karena menikmati hiburan semacam ini dapat memicu hormon dopamin, endorfin, dan serotonin yang membuat perasaan lebih baik dan stres berkurang.

Selain itu, mereka juga merasakan nafsu makan cenderung meningkat setelah menontonnya karena siaran yang dilangsungkan menarik perhatian dan rasa penasaran.

Namun di sisi lain, terlalu sering menonton mukbang juga dapat berefek buruk. Seperti mendorong konsumsi makanan yang tak sehat karena suguhan yang ditampilkan kreator yang berisiko menderita banyak penyakit dan memicu gangguan makan karena kesulitan mengatur porsi serta memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Selain berbahaya bagi kesehatan, ketagihan menonton video mukbang juga membuang banyak waktu karena tidak sadar banyak video yang telah ditonton. Begitu pula dengan uang yang akhirnya keluar saat rasa penasaran kita yang berada di puncak untuk merasakan rasa makanan yang dimakan.

Menonton hiburan seperti ASMR mukbang memang menyenangkan, tapi jangan keseringan dan membuat kita lupa waktu ya!

 

  • Bagikan