KPU Tuban Gelar Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020

  • Bagikan
Suasana rapat evaluasi yang digelar KPU Tuban terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada Desember tahun lalu. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)
Suasana rapat evaluasi yang digelar KPU Tuban terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 pada Desember tahun lalu. (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban resmi menggelar tahap akhir proses rangkaian Pilkada Serentak 2020 akhir tahun 2020 lalu. Ya, pihaknya menggelar evaluasi pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban di Gedung KPU Tuban, Jumat (19/3/2021).

Kegiatan itu dihadiri perwakilan partai politik (parpol), organisasi masyarakat (ormas), lembaga swadaya masyakarat (LSM), maupun pemantau pemilu. Semuanya hadir untuk memberi saran serta masukan agar nantinya bisa diperjuangkan di KPU pusat agar bisa menjadi rekomendasi untuk pemilu berikutnya.

Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan menuturkan ada beberapa masukan yang bisa diberikan. Mulai terkait Sistem Partai Politik (Sipol) yang lumayan menunggu banyak waktu dalam sistemnya, serta juga beberapa tahapan dalam pelasaan Pilkada 2020.

“Alhamdulillah ini menjadi rangkaian terakhir dari tahapan Pilkada 2020,” kata Fatkul Iksan.

KPU Jatim: Evaluasi untuk Persiapan Pemilu 2024

Sementara itu, Nurul Amaliyah, Komisoner KPU Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya menuturkan jika rapat hari ini menjadi sesuatu yang penting untuk sambut Pemilu Serentak 2024.

Ia menuturkan jika sesuai regulasi, maka pada November 2024, peemilihan kepala daerah serentak sudah dilaksanakan. Namun, untuk Pemilu Legislatif dan Presiden belum ditetapkan kapan waktunya oleh KPU RI.

“Maka dibutuhkan waktu yang cukup. Belajar dari pemilu 2019 hanya 20 bulan. Maka wacananya akan lebih diperpanjang lagi prosesnya,” kata Nurul Amaliyah.

Data Pemilih akan Diperbarui Setiap Bulan, Gandeng Sekolah dan Dukcapil

Sementara itu, terkait Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) akan dilakukan secara keberlanjutan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana data pemilih disusun mendekati waktu pemilihan. Namun, hari ini pendaftaran pemilih berkelanjutan, KPU akan men-update setiap bulannya.

“Bisa kerja sama dengan sekolah atau Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, red). Karena bisa didapat data dari banyak pihak untuk mengupgrade data pemilih,” terangnya.

Berharap bisa diselesaikam sejak awal. Ada wacana juga TPS akan dipermanenkan. Karena itu, juga menjadi masalah pada setiap pemilihan. Di mana terkadang ada pemilih yang harusnya di TPS 1, namun datanya di TPS 2. Padahal lebih dekat dengan tempat yang pertama.

“Ini kita harapkan, ada partisipasi penuh dari masyarakat, untuk data pemilih yang berkualitas,”

Kesbangpol Apresiasi Pilkada 2020 Berjalan Tertib

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Didik Puwanto mewakili Pemerintah daerah mengucapakn terima kasih karena telah menyukseskan pelaksanaan pilkada dengan ‘Ayem Tentren’ di mana mulai tahap awal sampai akhir tidak ada konflik yang terjadi alias zero incident.

“Alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar dan aman,” kata Didik

Didik menambahkan, setelah ini tahapan akan berlanjut lagi. Padahal rasanya, baru duduk sejenak, parpol sudah harus memnaskan mesin lagi karena pada 2022 harus mempersiapkan verifikasi parpol.

Selain itu, pihaknya memberikan masukan perlu adanya evaluasi pada saat Pemilu 2019 silam yang banyak memakan korban dari penyelenggara karena kelelaham. Ke depan, pihaknya berharap terdapat solusi terbaik agar tidak lagi mengorbarkan petugas KPPS.

“Kalau masyarakat tidak mau. Ya susah semua,” pungkasnya.

Sekilas Pilbup dan Wabup Tuban 2020

Sebatas diketahui, Pilkada Tuban yang digelar 9 Desember 2020 berjalan sukses dan lancar. Pada Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Tuban tersebutm pasangan calon nomor urut 02 Aditya Halindra Faridzky – Riyadi muncul sebagai pemenang yang telah ditetapkan KPU Tuban.

Paslon yang diusung Partai Golkar, Demokrat, dan PKS itu menang setelah meraih suara terbanyak dengan 423.236 pemilih.

Kemudian, paslon nomor urut 1 Khozanah Hidayati – H. Muhammad Anwar yang diusung PKB meraih suara 170.955 pemilih.

Lalu paslon nomor 3 Setiajit-RM Armaya Mangkunegara meraih suara 110.998 pemilih. Paslon ini diusung PDI-P, Gerindra, PAN, PPP, dan PBB.

Untuk jumlah suara sah tercatat 705.189 pemilih, suara tidak sah 15.900 pemilih. Sehingga total suara ada 721.089 pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tuban sebanyak 944.021 pemilih. (Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan