Tanaman Porang Bikin Diet Anti Gagal! - Tugujatim.id

Tanaman Porang Bikin Diet Anti Gagal!

  • Bagikan
Tanaman porang adalah umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang disebut iles-iles ini diekspor hingga ke Jepang. (Foto: Dok/Tugu Jatim)
Tanaman porang adalah umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang disebut iles-iles ini diekspor hingga ke Jepang. (Foto: Dok/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Tanaman porang merupakan tanaman umbi-umbian. Biasanya masyarakat menyebutnya iles-iles, iles kuning, acung, atau acoan. Tanaman porang sendiri banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk bidang industri dan kesehatan.

Akhir-akhir ini porang mulai terkenal dan ramai orang membicarakannya. Bahkan, sebuah media merilis tentang kisah seorang pemulung yang mendadak kaya sejak menanam porang.

Hal itu disebabkan karena potensi porang memang sangat bagus, terlebih pasar ekspor masih terbuka sangat luas. Pemerintah sendiri melalui Kementerian Pertanian sudah menyatakan bahwa porang merupakan salah satu komoditas dengan potensi ekspor yang cukup besar.

Di tahun 2018 saja di mana belum banyak petani penghasil porang di Indonesia, ada 254 ton porang diimpor ke Jepang, China, Vietnam, dan Australia.

Banyak petani yang saat ini menanam porang karena porang tergolong sebagai salah satu umbi-umbian yang sangat mudah untuk ditanam. Selain itu, porang pun terkenal tangguh di mana  saja bisa ditanam, nyaris di semua jenis tanah.

Karena memiliki banyak manfaat, simak ya rangkuman Tugu Jatim soal manfaat porang ini.

1. Glukomanan pada porang mampu mengurangi kadar kolesterol dan memberikan rasa kenyang lebih lama di perut. Sebab, rendah kalori, porang tidak akan mengganggu Anda yang tengah menjalankan program diet.

2. Tepung porang rendah kadar indeks glikemik sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Dengan kandungan serat pangan yang tinggi, porang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit seperti kanker usus besar, penyakit kardiovaskular, dan kencing manis.

4. Di Filipina, tepung porang digunakan untuk pengganti terigu dan bahan baku roti. Rasanya yang netral membuatnya mudah dipadupadankan dengan bahan makanan lain.

5. Di Jepang, porang dimanfaatkan untuk campuran makanan mie shirataki dan konnyaku.

6. Di industri obat-obatan, glukomanan dimanfaatkan untuk pembentuk kapsul pada obat.

(Agus Setiawan/ln)

  • Bagikan