Teh Herbal Tisane, Jenis dan Bahan untuk Membuatnya 

Teh Herbal Tisane, Jenis dan Bahan untuk Membuatnya 

  • Bagikan
Ilustrasi penyeduhan tisane.
Ilustrasi penyeduhan tisane. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.idTeh adalah minuman yang sangat populer. Karena kepopulerannya, teh tidak hanya disajikan maupun dikonsumsi di rumah-rumah, warung makan, kedai minuman atau cafe, hingga dijadikan minuman kemasan.

Minuman teh beragam jenisnya, dari teh original hingga teh dengan aneka ragam tambahan rasa seperti vanila, buah-buahan, hingga bunga dan rempah-rempah.

Sejatinya teh yang biasanya dikonsumsi adalah seduhan dari daun tanaman Camellia Sinensis. Istilah untuk seduhan yang berasal dari seduhan bunga, buah, maupun rempah sebenarnya bukanlah teh, melainkan tisane. Orang Indonesia mengenal seduhan tersebut sebagai teh herbal.

Kepopuleran tisane dimulai sejak adanya aksi demo besar-besaran di Amerika akibat dari penetapan kenaikan pajak teh oleh pemerintah Inggris. Aksi ini dikenal sebagai Boston Tea Party.

Setelah terjadinya aksi tersebut banyak warga Amerika yang berhenti mengkonsumsi teh karena dianggap sebagai perilaku yang tidak patriotik. Untuk menggantikan teh, masyarakat kemudian mencari substitusi alternatif pengganti teh.

Tisane dianggap memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat dari tisane berbeda tergantung dari bahan yang digunakan. Selain itu cita rasanya yang unik serta tampilannya yang menarik juga menjadi daya tarik minuman ini.

5 Jenis Teh Tisane

1. Leaf tisane

Adalah tisane yang terbuat dari daun-daunan seperti daun mint, daun teratai, dan daun bunga dandelion

2. Fruit tisane

Adalah tisane yang terbuat dari buah-buahan yang telah dikeringkan. Buah yang populer untuk dijadikan tisane antara lain jeruk, beri-berian, plum, apel, dan masih banyak lagi.

3. Flower tisane

Adalah tisane dari bunga. Bunga yang populer untuk dijadikan tisane antara lain lavender, chamomile, dan melati.

4. Spices and root tisane

Adalah tisane yang terbuat dari rempah-rempah dan akar seperti alang-alang, licorice, star anise, dan lain-lain.

5. Toasted whole grain tisane

Adalah tisane yang terbuat dari biji-bijian seperti biji barley.

Untuk membuat tisane, tidaklah diperlukan bahan-bahan mahal atau impor. Anda dapat membuat tisane dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Berikut rangkuman beberapa bahan untuk membuat tisane yang mudah dijumpai dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan

Bahan Teh Tisane

1. Butterfly pea tea atau bunga telang

Bunga telang atau Clitoria ternatea adalah salah satu bunga yang mudah dijumpai di sekitar rumah. Biasanya bunga ini dapat dijumpai merambat di semak-semak atau pepohonan.

Bunga dengan karakteristik warna biru dengan bentuk yang khas ini memiliki segudang manfaat. Hasil penelitian berjudul “Kajian Potensi Farmakologis Bunga Telang (Clitoria ternatea)” mengungkapkan bahwa bunga telang memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antasida, antidiabetes, dan anti-kanker.

2. Bunga rosella atau Hibiscus sabdariffa

Selain cantik menjadi tanaman hias, bunga berwarna merah ini juga mengandung banyak manfaat terhadap kesehatan. Rosella mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu rosella juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan liver, menurunkan berat badan, menurunkan gula darah dan antibakteri.

3. Jahe

Selain sebagai rempah untuk masakan, jahe juga biasa diseduh untuk menghangatkan badan. Manfaat dari jahe antara lain adalah memperkuat sistem imun, meredakan nyeri haid, mengatasi masalah pencernaan dan memperkuat sistem imun.

4. Serai

Serai seringkali dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, minyak atsiri dan aroma terapi. Serai memiliki banyak manfaat di antaranya untuk mengobati infeksi mulut, mengobati penyakit kulit, meredakan stres dan kecemasan berlebih, mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol.

5. Bunga sepatu atau hibiscus rosa-sinensis

Bunga sepatu adalah salah satu tanaman hias yang memiliki berbagai warna yang cantik. Bunga sepatu memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, menurunkan resiko kanker, menguatkan imunitas tubuh dan mengontrol kolesterol dalam darah.

  • Bagikan