Mengenal Tekao, Kuliner Asli Kota Batu Berbahan Tempe dan Cokelat - Tugujatim.id

Mengenal Tekao, Kuliner Asli Kota Batu Berbahan Tempe dan Cokelat

  • Bagikan
Tekao, jajanan asli Kota Batu hasil perpaduan biji kakao dan kedelai tempe. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Tekao, jajanan asli Kota Batu hasil perpaduan biji kakao dan kedelai tempe. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Makanan olahan kedelai bernama tempe bisa dibilang tak akan asing lagi di lidah orang Indonesia. Begitu pula dengan kakao yang diolah menjadi cokelat. Lantas, bagaimana bila terdapat kuliner makanan yang memadukan dua rasa ini? Nah, artikel ini bakal membahas kuliner bernama tekao yang merupakan kependekan dari tempe kakao.

Makanan tekao ini merupakan produk dan produsen sekaligus perajin fine chocolate di Kota Batu, Jawa Timur, yakni Moodco Fine Chocolat. Mereka berhasil membuat aneka jenis cemilan ringan dari bahan dasar kedelai dan biji kakao.

Tugu Malang ID, grup Tugu Jatim berkesempatan mengkalibrasi rasa dari tekao ini. Ada 2 jenis kudapan yang disajikan, yakni dalam bentuk Nugget dan Bitterballen. Untuk rasa Nugget, cita rasa tempe pada umumnya lebih mendominasi.

Merry Sujiati, Founder Moodco Fine Chocolate menunjukkan hasil olahan tekao. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Merry Sujiati, Founder Moodco Fine Chocolate menunjukkan hasil olahan tekao. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Hanya saja di tengah kunyahan, terselip sensasi aroma dari biji kakao. Nugget ini direkomendasikan dinikmati dengan cocolan sambal kecap dengan irisan bawang merah.

Untuk bitterballen, rasanya tidak jauh beda seperti anda menikmati kroket atau risoles. Hanya saja, cita rasa perpaduan tempe dan kakao yang lebih mendominasi. Lebih enak lagi jika dipadu dengan segigit cabe rawit atau saus sambal.

Usut punya usut, inovasi jajanan tekao ini baru saja diproduksi oleh gerai olahan coklat murni dari PT. Kakao Bhineka Sejahtera yakni Moodco Fine Chocolate ini pada awal Juni 2021. Bermula dari ajang lomba, tekao ternyata menuai animo positif.

”Awalnya ikut lomba tapi keterusan kita kembangin sampai sekarang. Sejauh saya kenalkan, animonya juga bagus. Banyak yang order lewat pasar online,” ungkap Founder Moodco Fine Chocolate, Merry Sujiati kepada reporter, Minggu (26/9/2021).

Menurut Merry, inovasi tekao ini menjadi jawaban bagi para petani di Indonesia untuk mengolah bahan baku biji kakao, selain hanya disetor untuk produsen coklat. Rata-rata, petani saat ini hanya tahu kakao adalah bahan baku utama pembuatan coklat.

Saat ini, Merry sedang dalam tahap menguji nutrisi hingga mengurus hak paten. Dengan begitu, jajanan ini bisa lebih diperkenalkan ke khalayak luas. ”Belum pernah ada yang bikin kayak gini. Ya bisa dibilang ini tempe kakao pertama di Indonesia,” ujarnya.

Bahan baku tekao yang sudah terfermentasi. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Bahan baku tekao yang sudah terfermentasi. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Tekao ini adalah tempe sehat karena biji kakao mengandung kandungan polifenol yang kaya manfaat. Antara lain, bisa menjaga tekanan darah, baik untuk kesehatan jantung hingga penambah energi.

”Rasanya juga gurih seperti tempe pada umumnya. Bahkan ini juga bisa jadi solusi nutrisi makanan bagi kalangan vegan,” imbuh artisan coklat kelahiran Kelurahan Ngaglik Kota Batu ini.

Merry menuturkan, cara membuat tekao ini cukup mudah. Hanya diperlukan tiga bahan yakni kedelai, kakao, dan ragi. Prosesnya seperti membuat tempe pada umumnya. ”Hanya saja bahan baku ditambah biji kakao,” jelas Merry.

Jajanan tekao ini bisa didapat di gerai Moodco Fine Chocolate yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Kota Batu. Hasil olahan tekoa ini juga dirupakan dalam bentuk brownies dan cupcake. Selain itu, disana anda juga bisa menikmati hasil olahan fine chocolate seperti coklat bar, coklat 100 persen dan masih banyak lagi.

  • Bagikan