Tip Menangani Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri ala Dirut RSUD dr R. Koesma Tuban

  • Bagikan
Ilustrasi isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. (Foto:Dok/Tugu Jatim)
Ilustrasi isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. (Foto:Dok/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Barangkali banyak orang yang bingung bagaimana cara mengatasi paparan Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah. Sebab, orang yang terpapar Covid-19 biasanya mengalami gangguan pada indra penciuman, indra perasa, mengalami gejala berat lainnya, hingga ada yang sesak napas.

Agar paparan tak semakin parah dan orang yang terpapar imunnya meningkat. Tugu Jatim punya tip jitu agar virus Covid-19 tak semakin parah ala Direktur Umum RSUD dr R. Koesma Tuban dr Saiful Hadi.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Dokter Saiful mengatakan mengatasinya tidak cukup dengan memakai masker karena memungkinan virus masih bisa tembus. Selain menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), juga harus menjaga imunitas. Virus Covid-19 meski cepat menular, juga cepat mati.

So, inilah tip isolasi mandiri saat terpapar virus Covid-19 ala Direktur Umum RSUD dr R. Koesma Tuban dr Saiful Hadi:

1. Menetesi Masker dengan Minyak Kayu Putih Setiap 5 Jam Sekali
Minyak kayu putih diyakini efektif bisa membunuh virus, terutama yang menempel di mukosa nasofaring yang merupakan lapisan kulit dalam dan bagian pada tenggorokan bagian atas yang terletak di belakang hidung serta di balik langit-langit rongga mulut. Jika aroma minyak kayu putih terhirup bisa meminimalisasi kekuatan virus.

2. Minum Air Hangat dalam Gelas Kecil yang Ditetesi Minyak Kayu Putih
Dokter Saiful menyarankan minum air hangat yang ditetesi minyak kayu putih sebanyak 9 tetes. Minum 2-3 gelas dalam sehari sambil berkumur. Tujuannya juga untuk membunuh virus yang di kerongkongan.

3. Minum Vitamin C
Vitamin C adalah nutrisi pembentuk kolagen, yaitu zat yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi. Vitamin C bisa diperoleh secara alami dari buah dan sayur. Konsumsilah vitamin C setiap hari melalui tablet atau buah seperti jeruk.

4. Berolahraga Setiap Pagi
Memulai hari dengan olahraga pastinya sangat baik. Selain menambah semangat dan mood sepanjang hari, bisa lebih sehat dan pastinya napsu makan bertambah. Apalagi di tengah isolasi mandiri, pastinya membentuk imun di dalam tubuh agar cepat sembuh. Olahraga bisa dilakukan minimal 15 menit. Misalnya senam, jalan kaki, atau lari-lari kecil.

5. Selalu Enjoy atau Bahagia
Orang yang mengalami paparan Covid-19 dalam kondisi tidak fit. Karena itu, untuk menaikkan imunnya, orang yang terpapar harus merasa bahagia. Sebab, rasa bahagia dan semangat bisa  meningkatkan antibodi yang kuat. (Mochammad Rochim/ln)

  • Bagikan