Tip Menjaga Hubungan saat Pandemi

  • Bagikan
Menjaga hubungan di saat pandemi. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim)
Menjaga hubungan di saat pandemi. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Dalam sebuah hubungan memang lumrah jika terjadi konflik. Tapi dengan berkomunikasi, konflik dapat diminimalisasi dan diselesaikan dengan lebih mudah.

Apalagi di masa pandemi ini membuat komunikasi lebih cenderung dilakukan lewat aplikasi, pesan singkat, maupun media sosial. Tapi, kenyataannya sering timbul konflik disebabkan komunikasi yang sulit terkoneksi dengan baik.

Terlebih ketika pasangan dihadapkan dengan pandemi virus corona atau Covid-19. Hal itu mengharuskan Anda saling jaga jarak. Tapi, untuk meminimkan konflik, Tugu Jatim punya tip agar hubungan Anda tetap harmonis saat pandemi.

1. Mendegarkan tanpa Menghakimi
Dalam sebuah hubungan, Anda harus memosisikan sebagai pendengar yang baik. Bila terjadi perbedaan pendapat, dengarkan apa yang pasangan katakan, jangan langsung menghakimi pendapat pasangan Anda. Kalian harus mendengarkannya dan memahami pendapat yang disampaikan.

2. Mendengarkan tanpa Mengkritik
Biasanya dalam sebuah hubungan ada kecenderungan memiliki sensitivitas tertentu. Untuk mengatasi itu, Anda perlu menjelaskan apa yang ingin diungkapkan. Tapi, jangan sampai mengkritik dengan bahasa yang membuat pasangan menjadi sakit hati ya.

3. Saling Ingin Tahu
Keingintahuan terhadap pasangan dalam beberapa hal dapat direspons sebagai bentuk perhatian oleh pasangan. Ketika pandemi seperti ini, pasangan harus saling peka satu sama lain. Libatkan rasa ingin tahu terhadap pasangan seperti kegiatan yang dilakukan pasangan dalam kesehariannya.

4. Jauhi Overthink
Memikirkan sesuatu hal secara berlebihan pada pasangan dapat menimbulkan pikiran yang negatif. Pikiran negatif akan selalu muncul, tetapi kita sendiri yang bisa mencegah pikiran tersebut. Jangan sampai berpikir hal-hal yang tidak-tidak kepada pasangan karena ini akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman.

5. Komunikasi secara Intens
Dengan komunikasi yang intens membuat pasangan Anda nyaman, jangan sampai Anda putus komunikasi dengan pasangan. Karena ini akan membuat konflik baru untuk kalian berdua. Maka dari itu komunikasi dengan intens membuat hubungan semakin baik. (Agus Setiawan/ln)

  • Bagikan