Tips Atasi Overthinking, Bikin Hidup Lebih Enjoy! - Tugujatim.id

Tips Atasi Overthinking, Bikin Hidup Lebih Enjoy!

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang yang sedang berpikir. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi seseorang yang sedang berpikir. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan merupakan kebiasaan yang bisa membuat Anda semakin tertekan. Kebiasaan semacam itu perlu dikurangi agar hidup Anda lebih santai dan enjoy. Apakah Anda termasuk orang yang selalu memikirkan sesuatu secara berlebihan?

Terkadang overthinking dan orang pemikir itu sering disalahartikan. Orang yang pemikir memang terkadang melakukan aktivitas untuk hal-hal yang penting itu membutuhkan solusi atau jalan keluar. Berbeda dengan orang yang overthinking, mereka memikirkan sesuatu yang lebih banyak berkaitan dengan hal yang tidak seberapa penting, tak urgen, hingga tak terlalu berguna sehingga memenuhi pikiran dan mengganggu keseharian.

Berpikir sebelum melakukan sesuatu memang hal yang perlu, tapi bila sudah berlebihan memikirkan hal yang tak berguna, justru dapat mengganggu hidup Anda sendiri dan menjadi tertekan. Karena itu, Tugu Jatim telah merangkum tips agar Anda tak overthinking dan menjalani hidup dengan santai. Apa saja?

1. Berhenti Sejenak, Beri Jeda untuk Mencari Penyebabnya

Pertama yang perlu disadari adalah Anda sedang mempunyai kebiasaan overthinking. Anda perlu menyadari dulu, sebelum mencari solusi untuk mengatasi overthinking. Setelah sadar bahwa Anda terlalu overthinking, maka berhenti sejenak dan tenangkan pikiran.

Kalau sudah tenang, coba cari apa sumber masalah yang sedang mengganggu pikiran sehingga membuat Anda sampai overthinking. Apa yang Anda cemaskan? Apa yang Anda takutkan? Apa yang Anda khawatirkan? Lalu bagaimana mengatasi semua kecemasan itu? Langsung dicari dan temukan solusinya.

2. Alihkan dengan Melakukan Kegiatan yang Baru dan Berbeda

Mengalihkan perhatian saat dilanda overthinking juga perlu. Dengan cara melakukan berbagai kegiatan baru, menyenangkan, dan menarik agar fokus Anda pada pikiran yang berlebihan itu menjadi hilang. Anda sejenak lupa dan lebih santai menjalani hidup dengan bersenang-senang. Kegiatan baru itu misalnya seperti menonton film, bercerita ke kawan, ngobrol, menulis, maupun membaca buku.

3. Perluas Pikiran Sendiri, Lebih Terbuka, dan Open Minded

Overthinking kadang juga disebabkan karena cara pandang Anda hanya melulu memakai satu perspektif. Padahal, bila diamati dari perspektif lain, yang berbeda, yang baru dan segar, cara pandang Anda pada persoalan yang terjadi bisa saja berubah. Yang tadinya penuh dengan kecemasan, ketakutan, dan kekhawatiran menjadi lebih bisa santai dan ternyata bisa menarik untuk dijadikan peluang dalam pekerjaan, hubungan, serta kebermanfaatan hidup.

4. Buat Catatan Antisipasi dari Hal yang Ditakuti

Kadang yang jadi penyebab overthinking adalah hal-hal yang sedang Anda takutkan. Catat semua hal-hal itu, lalu satu per satu bisa dicari bagaimana cara mengatasi ketakutan tersebut. Bagaimana cara Anda mengantisipasi agar ketakutan itu tidak terjadi di dunia nyata. Hal ini dapat membantu agar pikiran menjadi lebih tenang dan tenteram, perlahan overthinking juga akan hilang.

Itulah tips untuk mengatasi overthinking atau berpikir secara berlebihan, sampai mengganggu aktivitas keseharian Anda. Semoga bisa mengatasi overthinking yang Anda alami…

  • Bagikan