Lupa Bawa Dokumen Nikah? Cukup Tunjukkan Kartu Nikah Digital! - Tugujatim.id

Lupa Bawa Dokumen Nikah? Cukup Tunjukkan Kartu Nikah Digital!

  • Bagikan
Ilustrasi kartu ikah digital. (Foto: kemenag.go.id/Tugu Jatim)
Ilustrasi kartu ikah digital. (Foto: kemenag.go.id)

TUBAN, Tugujatim.id – Bagi pasangan suami istri yang akan bepergian ke luar daerah, tak perlu khawatir lagi jika lupa membawa dokumen nikah dengan pasangannya. Sebab, pada akhir Mei ini, Kementerian Agama (Kemenag) akan meluncurkan kartu nikah digital.

Peluncuran kartu nikah digital ini rencananya dilaksanakan bersamaan dengan kick-off enam KUA Piloting di KUA Banjarnegara, Jawa Tengah.

”Bagi pasangan pengantin atau suami istri yang bepergian, tak perlu khawatir dicurigai jika mereka pergi bersama. Jadi, sudah bisa dicek melalui kartu nikah digital tadi. Biasanya pada hotel atau tempat berlogo syariah, pasti mereka bertanya soal identitas dan dokumen nikah,” ungkap Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag Muharam Marzuki lewat website resmi kemenag.go.id.

Menurut Muharam, kehadiran kartu nikah digital juga mempercepat layanan bagi pasangan pengantin. Sebab, dia mengatakan, pasangan pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahannya bisa menerima kartu nikah digital secara online yang dikirim pihak KUA kepada pasangan pengantin melalui nomor WhatsApp maupun alamat e-mail.

“Begitu selesai melakukan akad nikah, maka pihak KUA bisa mengeksekusi kartu nikah digital yang kemudian dikirim kepada pasangan pengantin melalui layanan online seperti WhatsApp atau melalui e-mail. Itu sudah terakses dari pihak KUA bisa langsung mengirim ke nomor telepon atau e-mail yang didaftarkan. Itu sudah mengurangi waktu hingga biaya. Dari sisi kecepatan pun bagus,” ujarnya.

Muharam menambahkan, banyak manfaat yang diperoleh jika kartu nikah digital diberlakukan. Pertama, akan mempermudah pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami istri.

“Kami juga bisa mengecek benarkah pasangan itu benar-benar suami istri. Kemudian kami juga bisa mengecek secara cepat kapan menikahnya,” imbuh Muharam.

Ini merupakan upaya Kemenag untuk menghindari pemalsuan dokumen pernikahan. Selain itu, Muharam mengatakan, kartu nikah digital juga menghindarkan dari praktik penipuan yang dilakukan oleh salah satu pasangan.

“Jadi, susah mau nipu-nipu, oh saya belum nikah, nanti ketahuan dari kartu tersebut,” tegasnya.

  • Bagikan