Tips Diet Aman untuk Usia 40 Tahun

  • Bagikan
Ilustrasi menu makanan sayuran dan buah untuk diet. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi menu makanan sayuran dan buah untuk diet. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Tak bisa dipungkiri di usia 40 tahun, banyak perubahan dirasakan oleh tubuh. Mulai dari naiknya berat badan hingga merasa mudah lelah. Bagi sebagian besar perempuan, memasuki usia 40 menjadi tantangan tersendiri. Apalagi kalau soal diet untuk menurunkan berat badan. Tapi, tak perlu Anda khawatir karena Tugu Jatim akan memberikan tips cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun:

1. Perbanyak Asupan Buah dan Sayuran

Makan buah dan sayuran cenderung memiliki lebih banyak nutrisi serta lebih sedikit lemak dan kalori daripada makan daging, produk susu, maupun biji-bijian. Buah juga membantu Anda merasa kenyang, bahkan jika Anda makan lebih sedikit. Buah-buahan segar, seperti apel dan berry baik untuk menggantikan camilan yang tinggi lemak dan gula.

2. Jangan Memaksakan Diet Ketat

Ketika Anda secara tiba-tiba mengurangi porsi makan harian, tubuh justru akan terpancing masuk ke mode survival, yaitu seluruh asupan makanan akan disimpan menjadi lemak ketimbang dibakar menjadi kalori. Jadi, kurangilah porsi makanan sedikit demi sedikit.

Perhatikan selalu bahwa tubuh harus dipasok nutrisi lengkap agar proses metabolisme tak semakin terganggu. Diet untuk usia 40 tahun adalah diet yang menempuh jalan panjang. Harus dilakukan secara pelan, disesuaikan dengan kondisi tubuh.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Para ahli merekomendasikan Anda untuk tidak melewatkan sarapan. Saat melewatkan sarapan, Anda mungkin akan merasa sangat lapar dan malah mengonsumsi makanan tidak sehat ketika makan siang.

Sarapan sangat vital bagi tubuh Anda. Apalagi jika Anda dituntut untuk bekerja total seharian. Makanan yang dikonsumsi sewaktu sarapan bukan hanya banyak dan mengenyangkan, tapi juga bergizi lengkap dan seimbang.

4. Kurangi Makan Gorengan

Hindari sajian yang berisiko seperti makanan yang melalui proses digoreng menggunakan banyak minyak. Karena di situlah sarang lemak berada. Sebaiknya, olah sajian melalui proses kukus, panggang, atau dibakar.

5. Hindari Begadang

Begadang cenderung membuat seseorang memiliki keinginan untuk “ngemil” saat perut sebenarnya tidak sedang lapar. Tentunya kebiasaan ini justru dapat membuat usaha menurunkan berat badan menjadi sulit terealisasi.

Ditambah lagi, seseorang di usia 40 tahun, terutama pria, cenderung mengalami central obesity atau timbunan lemak di pusat badan yang tampak sebagai perut buncit. Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh kebiasaan ngemil tak sehat di jam begadang.

6. Hindari Minuman Banyak Berkadar Gula

Kopi, teh, cokelat, dan minuman bersoda adalah ragam minuman yang tinggi kadar gulanya. Di usia 40 tahun, sebaiknya tinggalkan minuman-minuman berisiko tersebut. Sebagai gantinya, perbanyaklah minum air mineral yang menyehatkan.

7. Jangan Stres

Stres dapat membuat Anda lebih cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih sulit memecah lemak. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk melakukan olahraga untuk usia 40 tahun yang sekaligus dapat membuat Anda rileks, seperti melakukan yoga. Anda juga dapat melakukan pernapasan yang dalam, meditasi, berjalan-jalan, atau membaca buku.

Cara menghilangkan stres berbeda pada masing-masing orang, jadi temukan yang cocok untuk Anda, ya!

  • Bagikan