Tips Mengobati ‘Homesick’ akibat Tak Bisa Mudik Lebaran - Tugujatim.id

Tips Mengobati ‘Homesick’ akibat Tak Bisa Mudik Lebaran

  • Bagikan
Ilustrasi perempuan yang tengah homesick lantaran tak bisa mudik Lebaran. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi perempuan yang tengah homesick lantaran tak bisa mudik Lebaran. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Pembatasan mudik yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi dan menurunkan angka kasus penyebaran Covid-19, membuat sebagian masyarakat Indonesia terasa rindu akan kampung halaman, rumah, keluarga dan kerabat dekatnya tatkala menikmati momen Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Lantas, dirundung rasa rindu yang tak karuan pada aroma pedesaan, sanak saudara dan sahabat karib mempunyai istilah yang biasa disebut ‘homesick’. Secara sederhana, ‘homesick’ berarti ‘rindu rumah’. Dalam makna bukan sekadar ‘kangen’, melainkan kangen yang teramat berat.

Kerinduan itu tidak hanya dirasakan pada rumah yang dulu menjadi tempat kita dibesarkan, melainkan juga kangen pada suasana, momen, aroma masa lalu, nostalgia hingga kilas balik beragam memori yang sempat dihabiskan pada tempat atau lokasi tersebut.

Tugu Jatim berhasil merangkum 4 tips untuk mengatasi perasaan ‘homesick’, tatkala belum bisa menikmati mudik di hari lebaran esok, akibat adanya pembatasan dan pelarangan dari pemerintah untuk menurunkan angka kasus Covid-19. Apa saja tipsnya? Berikut.

1. Menambah kesibukan di rumah

Salah satu cara yang ampuh untuk berupaya melupakan dan merelakan rasa rindu pada rumah, keluarga, orang tua, sahabat, dan orang-orang lain yang ada di kampung halaman yakni menambah kesibukan pada kegiatan yang santai dan positif. Misalkan saja, dipakai untuk bermain game, untuk membaca buku, menonton film, atau berwisata di wilayah regional domisili kita. Bisa juga dipakai untuk berolahraga, jogging, workout, dan sejenisnya.

2. Hubungi keluarga secara virtual

Rindu memang kadang tidak bisa dibendung. Salah satu jalan keluar untuk mengatasinya yakni menelepon, menghubungi atau melakukan video call kolektif dengan keluarga yang tinggal di beragam kota. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kemajuan teknologi komunikasi seperti video meeting makin bertambah. Kita dapat memakai aplikasi seperti WhatsApp, Google Meet, Zoom Cloud Meeting, Skype dan sejenisnya untuk melepas kangen pada kampung halaman.

3. Curhat ke teman seperantauan

Cerita kerinduan kita terkait kampung halaman kepada teman-teman, kerabat, sahabat, atau pasangan merupakan sikap yang tepat juga untuk mengatasi kerinduan. Kadang dengan cerita, setidaknya bisa membuat pikiran dan hati kita menjadi lebih tenabng dan tentram. Ada sosok yang menjadi pengganti keluarga di tempat perantauan, yang mau mendengarkan keluh-kesah. Mungkin, teman, kerabat, sahabat kita juga ingin menceritakan kerinduan yang sama pada kita.

4. Bermain dengan hewan peliharaan

Berikutnya, ada tips lagi untuk mengatasi perasaan ‘homesick’. Yakni bermain dengan hewan peliharaan kita, seperti kucing, anjing, kelinci, kura-kura, ikan, iguana, burung, atau apapun itu yang sedang kita pelihara. Salah satu kegiatan positif yang bisa membuat kita mengalihkan perhatian, dari fokus pada kampung halaman menjadi fokus pada kelucuan hewan peliharaan kita.

Itulah 4 tips untuk mengatasi perasaan ‘homesick’ saat tidak bisa pulang mudik dan bertemu keluarga, orang tua, kerabat dekat di kampung halaman. Semoha tulisan ini bermanfaat, selamat menikmati Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin!

  • Bagikan