TUBAN, Tugujatim.id – Sebuah video yang memperlihatkan salah satu tenant di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tuban sepi saat jam kerja viral di media sosial (medsos).
Video itu mempertanyakan jam pelayanan MPP Tuban yang seharusnya buka dari 08.30 hingga 14.30 WIB setiap Senin-Jumat selama Ramadan 2023. Namun, saat video itu direkam pada pukul 13.30 WIB, terlihat sepi dan tak ada pegawai yang melayani.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Kumarijati meminta maaf atas ketidaknyamanan pelayanan.
Endah menyampaikan bahwa kejadian itu berlangsung di tenant Dinas Pendidikan. Saat itu, petugas hanya berjaga sendiri dan sedang memproses perizinan yang sebelumnya. “Ya itu tenant Dinas Pendidikan. Sudah saya koordinasikan dengan Plt kepala dinasnya. Akan diupayakan perbaikan layanan,” ujarnya, pada Kamis (13/4/2023).
Endah berjanji akan terus berupaya meningkatkan layanan publik. MPP Tuban sebagai rumah besar pelayanan di Tuban intens berkoordinasi dengan penyedia layanan dari berbagai instansi dan lembaga.
“Salah satu tantangannya berupa kolaborasi dengan sejumlah instansi dan lembaga penyedia layanan,” ungkapnya.
Kata dia, pelayanan dilakukan dengan personil lengkap tanpa adanya pengurangan. Setiap petugas diimbau untuk mengatur jam istirahat secara bergilir dengan rekan kerjanya, agar pelayanan terus berlangsung.
“Volume pengunjung MPP Tuban relatif sama dengan ketika hari-hari biasa di luar bulan Ramadan, sehingga pelayanan diberikan hingga pengunjung terakhir,” ucapnya.
Sementara itu, dikutip dari Media Centre Tuban, Plt Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Joko Sarwono menyampaikan permohonan maaf atas kejadian itu.
Hari ini pihaknya akan melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap seluruh pegawai Dinas Pendidikan, terutama yang ditugaskan pada bagian pelayanan. “Kami berupaya agar pelayanan tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.