Wagub AAU Marsma TNI Palito "Flicker" Sitorus Ulang Tahun, Beri Hadiah Sukun Kepada Dr Aqua Dwipayana - Tugujatim.id

Wagub AAU Marsma TNI Palito “Flicker” Sitorus Ulang Tahun, Beri Hadiah Sukun Kepada Dr Aqua Dwipayana

  • Bagikan
Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang “Scorpio” Santoso (no 3 dari kiri) dan Wagub AAU Marsma TNI Palito "Flicker" Sitorus (no 4 dari kiri) didampingi staf bersama Dr Aqua Dwipayana (no 3 dari kanan). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang “Scorpio” Santoso (no 3 dari kiri) dan Wagub AAU Marsma TNI Palito "Flicker" Sitorus (no 4 dari kiri) didampingi staf bersama Dr Aqua Dwipayana (no 3 dari kanan). (Foto: Dokumen)

YOGYAKARTA, Tugujatim.id – Wakil Gubernur (Wagub) Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsma TNI Palito “Flicker” Sitorus berulang tahun ke-53 pada Senin (27/9/2021) lalu. Namun, saat itu justru Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang mendapat hadiah dua sukun dari Palito.

“Flicker” adalah nama panggilan (callsign) Palito sebagai pilot pesawat tempur. Itu nama jenis burung pelatuk Picidae.

Selama menjadi pilot pesawat tempur, Palito telah mendapat amanah mengemudikan tiga jenis pesawat. Masing-masing pesawat Hawk MK-53 Skadron Udara 15 dan pesawat F-5 E/F Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi Kabupaten Magetan, Jawa Timur serta pesawat Sukhoi Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Sehari sebelumnya, Minggu malam, 26 September 2021 Dr Aqua menghubungi Palito. Menyampaikan akan ke Yogyakarta pada Senin pagi dan mau silaturahim ke bapak tiga putri itu.

Dua buah sukun hadiah dari Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Palito "Flicker" Sitorus buat Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Dua buah sukun hadiah dari Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Palito “Flicker” Sitorus buat Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Dokumen)

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara pada 27 September 1968 tersebut mengatakan ada di kantor dan siap menerima Dr Aqua. Juga menawarkan pinjaman mobil dan sopir untuk menjemputnya di Bandara Adisutjipto buat dipakai selama di Yogyakarta. Karena sudah ada mobil dan pengemudi, Dr aqua tidak menerima tawaran Palito.

“Terima kasih banyak Bang Palito. Saya sudah ada mobil dan sopir,” kata Dr Aqua.

Kemudian Palito menginfokan bahwa dia baru panen sukun. Ada dua buah. Rencananya semua sukun itu akan diberikan kepada Dr Aqua.

Palito tahu bahwa Dr Aqua senang makan sukun. Sebelumnya telah beberapa kali menikmati sukun hasil panen di AAU. Rasanya enak.

“Waktu saya sedang jalan pagi di kompleks AAU, saya melihat ada dua buah sukun. Saya langsung teringat Bang Aqua yang suka sukun. Saya minta tolong anggota untuk mengambilkannya. Saya berniat memberikannya kepada abang. Jadi sukun ini rezeki Bang Aqua,” terang Palito.

Selama Dr Aqua makan sukun di berbagai kota di Indonesia, itu adalah sukun termahal yang pernah dimakannya. Kenapa begitu? Sebab sukun itu pemberian jenderal bintang satu yang sangat rendah hati tersebut.

Sukun itu lebih punya nilai karena diberikannya saat Palito syukuran ulang tahun ke-53. Jadi harinya bersejarah.

Tidak hanya itu. Kejadiannya langka. Biasanya saat ulang tahun, orang yang ulang tahun mendapatkan hadiah. Namun kali ini hadiahnya diperoleh dari yang berulang tahun.

“Jadi kejadian ini langka sekali. Saat Bang Palito ulang tahun, beliau yang memberi hadiah kepada saya yakni dua buah sukun yang enak. Semestinya saya yang kasih hadiah kepada Bang Palito. Karena pemberinya marsekal sehigga nilai sukunnya jadi mahal,” tutur Dr Aqua tertawa dengan penuh rasa syukur.

Senin pagi menjelang naik pesawat Citilink dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Yogyakarta, Dr Aqua kirim pesan lewat WhatsApp kepada Palito. Mengabarkan bahwa pesawatnya mau berangkat.

“Selamat pagi Bang Aqua. Begitu sudah mendarat di Yogyakarta, abang silakan langsung ke AAU. Nanti saya apel dulu. Bang Aqua akan disambut sama ajudan ya bang. Happy landing,” respon Palito.

Perhatian Besar

Pagi harinya Gubernur AAU Marsda TNI Nanang “Scorpio” Santoso bersama para pejabat AAU dan istri serta 15 orang tarunanya memberikan kejutan yang menyenangkan dan mengesankan kepada Palito.

Di saat banyak orang belum terjaga dari istirahatnya dan sebagian orang masih baru bangun tidur, Nanang bersama para pejabat AAU dan istri serta belasan taruna  mendatangi rumah dinas Palito di kompleks AAU. Waktu itu jarum jam menunjukkan pukul 05.15.

Begitu berada di depan rumah Palito, para taruna tingkat 3 dan 4 yang berpakaian seragam, dengan menggunakan alat musik langsung menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dari Jamrud. Sedangkan sang tuan rumah, Palito dan istrinya Imelda Siregar yang sudah bangun namun masih tiduran di tempat tidur, kaget mendengarkan lagu yang diiringi musik tersebut.

“Waktu Pak Nanang dan rombongan berada di depan rumah, kemudian menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” yang dimainkan para taruna, saya kaget sekali. Ketika itu saya sudah bangun tapi masih tiduran. Saya langsung lompat dari tempat tidur. Buru-buru menuju kamar mandi untuk sikat gigi dan cuci muka. Kemudian bersama istri keluar menyambut Pak Nanang dan semua tamu,” ujar pilot pertama pesawat Sukhoi tersebut sambil tersenyum mengenang kejadian pagi itu.

Kemudian kepada Palito diberikan kue ulang tahun warna coklat. Di atasnya ada tulisan sebagai berikut :

      27 Sept 21
              Happy B’day
               “FLICKER”
         May all your dreams
            Turn Into Reality

Dilanjutkan ucapan selamat ulang tahun dari Nanang. “Selamat ulang tahun Pak Palito. Semoga panjang umur, semua yang dicita-citakan tercapai. Juga mudah-mudahan ulang tahun ini menjadi berkah buat Pak Palito sekeluarga.”

Setelah Nanang mengucapkan selamat ulang tahun, dilanjutkan ucapan yang sama dari para pejabat AAU, istri mereka, dan belasan taruna.

Palito yang masih terlihat kaget didampingi istrinya, dengan penuh sukacita menyambut ucapan selamat ulang tahun itu. Kemudian menyampaikan terima kasih atas semua perhatian besar yang diberikan kepadanya.

  • Bagikan