Waspada, Penipuan Berkedok Donasi Catut Nama Pemkot Malang

  • Bagikan
Ilustrasi penipuan. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi penipuan. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Setelah sebelumnya akun Facebook palsu yang mencatut foto dan nama Wali Kota Malang Sutiaji terjadi, kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap maraknya penipuan yang mengatasnamakan jajaran Pemkot Malang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Muhammad Nur Widianto mengatakan, peristiwa meresahkan ini rupanya banyak menyasar Pondok Pesantren maupun Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Dalam melancarkan aksinya, pelaku menghubungi korban menggunakan nomor telepon 081233303693 serta mengaku sebagai Agus Budiono, Staf Keuangan Pemkot Malang.

BANNER DONASI
Tangkapan layar penipuan berkedok donasi yang mengatasnamakan staf keuangan Pemkot Malang. (Foto: Dokumen/Pemkot Malang) tugu jatim
Tangkapan layar penipuan berkedok donasi yang mengatasnamakan staf keuangan Pemkot Malang. (Foto: Dokumen/Pemkot Malang)
Kemudian, untuk melancarkan aksi penipuannya, pelakupun memberikan iming-iming dana hibah sebagai bentuk donasi dari Pemkot Malang kepada salah satu TPQ ataupun pondok pesantren.
Oleh karena itu, Nur Widianto, mengingatkan agar masyarakat selalu waspada terhadap berbagai modus penipuan dari pihak-pihak yang kerap menyalahgunakan identitas dan tidak bertanggungjawab.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang, apabila ada oknum yang mengatasnamakan Pemkot Malang, agar masyarakat berhati-hati dan konfimasi terlebih dahulu, jangan mudah percaya,” tegasnya pria yang juga merangkap sebagai Plt. Kepala Bagian Humas Kota Malang itu. (fen/gg)

  • Bagikan