Widget Layar Kunci iOS 16 Segera Rilis

ios 16 tugu jatim
Widget layar kunci untuk beberapa aplikasi Google ditampilkan di layar iPhone. Foto: Theverge

Tugujatim.id – Hanya beberapa jam setelah Apple merilis iOS 16 ke publik, Google memiliki pratinjau widget layar kunci yang akan datang untuk aplikasi iPhone-nya, termasuk Google app, Gmail, Google Maps, Chrome, Google News, dan Google Drive.

Google mengatakan bahwa widget layar kunci akan tersedia dalam minggu-minggu mendatang karena aplikasi iPhone diperbarui secara bertahap di App Store. Widget ini memungkinkan pengguna meluncurkan aplikasi Google dengan cepat dari layar terkunci.

Fitur baru utama iOS 16 adalah kemampuan untuk mempersonalisasi layar kunci dengan wallpaper berlapis-lapis, widget, font khusus untuk tanggal dan waktu, dan banyak lagi. Anda juga dapat memilih satu set foto untuk diacak di layar terkunci sepanjang hari. Galeri layar kunci baru menampilkan berbagai opsi layar kunci, termasuk wallpaper cuaca baru dengan kondisi cuaca langsung dan wallpaper astronomi yang memberikan pemandangan bumi, bulan, dan tata surya.

Widget layar kunci Gmail mencakup beberapa tampilan yang berbeda, widget ini secara otomatis menampilkan jumlah pesan baru di kotak masuk pengguna, menampilkan informasi dari kotak masuk dan terdapat satu lingkaran berisikan angka yang menunjukkan jumlah pesan baru atau belum dibaca di kotak masuk, sementara tampilan lain adalah bilah yang dapat menampilkan jumlah terperinci untuk bagian tertentu, seperti pesan yang belum dibaca, promosi, sosial, pesan Google Chat yang belum dibaca, atau bilah sederhana dengan tanggal dan jumlah pesan baru.

Widget selanjutnya adalah Google Chrome yang memungkinkan pengguna untuk memulai pencarian termasuk dengan suara, mengakses mode penyamaran atau membuka permainan dinosaurus.

Untuk Google Maps, widget dapat secara otomatis menampilkan akan memberikan pembaruan lalu lintas waktu nyata dan perkiraan waktu perjalanan ke tempat-tempat yang sering dikunjungi seperti rumah, kantor, restoran, hotel, dan lainnya.

Pencarian Google juga memiliki tombol widget satu ketukan yang dapat membuka kotak pencarian, mempersiapkan ponsel untuk mencari menggunakan kamera, membuka pencarian suara, atau membuka langsung ke alat seperti Google Terjemahan, Google Belanja, dan Google Cendekia.

Widget Google Drive dapat mengakses folder yang berkilau bintangnya dengan satu klik dan juga memberi tahu ketika folder atau dokumen telah dibagikan, sementara Google News memiliki widget untuk bersaing dengan aplikasi berita milik Apple, menjanjikan pratinjau judul utama dan cerita.