1.000 Buruh Blokir Jalan Pantura, FSPMI Kabupaten Tuban Tuntut PT IKSG Penuhi Hak Pekerja - Tugujatim.id

1.000 Buruh Blokir Jalan Pantura, FSPMI Kabupaten Tuban Tuntut PT IKSG Penuhi Hak Pekerja

  • Bagikan
PT IKSG. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Suasana FSPMI Kabupaten Tuban yang menggelar aksi demo, mereka menutup aksi masuk pelabuhan khusus PT Semen Gresik di Desa Socorejo, Kecematan Jenu, Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban kembali menggelar aksi demo dengan menuntut hal yang sama, yakni meminta kenaikan uang makan dan tunjangan bagi para pekerja PT IKSG. Bahkan, aksi kali ini semakin besar dengan melibatkan seribu lebih massa dan memblokir jalur nasional pantura, Rabu (12/01/2022).

Puluhan kilometer jalan tidak bisa dilewati para pengguna jalan, baik dari arah Semarang maupun Surabaya. Aksi ini sudah dilakukan sepekan terakhir dan meminta keadilan dari PT Industri Kemasan Semen Gresik (PT IKSG) dengan memperhatikan hak dari buruh yang bekerja di dalam perusahaan.

PT IKSG. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kondisi jalur Pantura Surabaya-Semarang yang tutup total akibat aksi demo para buruh. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

“Ini bukti PT IKSG masih tetap jemawa, tidak melihat nasib para pekerja,” teriak orator yang tidak mau disebutkan namanya saat membakar semangat para buruh.

Dia mengatakan, TNI dan Polri tidak boleh mengintervensi hak rakyat untuk menuntut keadilan para pekerja.

PT IKSG. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kendaraan tampak mengular saat FSPMI Kabupaten Tuban menggelar demo. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

“Ini bukan keinginan kami menutup akses pelabuhan khusus Semen Gresik. Namun, karena perusahaan yang di bawah naungan PT Semen Indonesia, tidak memberikan keadilan pada para pekerja,” ucap orator secara bergantian.

Untuk diketahui, aksi memblokir jalan Pantura yang dilakukan FSPMI Tuban sejak pukul 09.00 hingga siang ini belum juga dibuka.

  • Bagikan