1.980 Pelanggar Terjaring Operasi Patuh Semeru Polres Batu, Petugas Juga Tegur Pemotor Bersandal Jepit - Tugujatim.id

1.980 Pelanggar Terjaring Operasi Patuh Semeru Polres Batu, Petugas Juga Tegur Pemotor Bersandal Jepit

  • Bagikan
Polres Batu. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Jatim)
Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Operasi Patuh Semeru 2022 yang dilakukan Satlantas Polres Batu mendata tindak pelanggaran lalu lintas selama sepekan pertama. Ada 1.980 pelanggar yang didata hingga 20 Juni 2022, baik dalam kasus penilangan maupun teguran.

Tak hanya pelanggar lalu lintas saja yang ditindak Polres Batu, tapi juga menegur pengendara yang memakai sandal jepit. Hal itu dilakukan sebagai imbauan keamanan berkendara saja.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani mengungkapkan, pelanggaran yang berhasil direkam kamera statis electronic traffic law enforcement (E-TLE) dan mobil INCAR yang siaga 24 jam.

”Sampai hari ini kami sudah merekam 1.980 pelanggar, baik melalui kamera ETLE maupun mobil INCAR. Jumlah segitu tergolong tinggi,” kata Indah pada Selasa (21/06/2022).

Indah melanjutkan, tidak semua dari jumlah pelanggaran itu dilakukan penindakan. Total sekitar 859 pelanggaran hanya dilakukan teguran karena tergolong kasus ringan. Contohnya memakai sandal jepit saat berkendara.

Indah juga menegaskan, pelanggar tersebut hanya diberikan imbauan dan sosialisasi. Mengingat tingkat fatalitas kecelakaan akibat pemakaian sandal jepit lebih tinggi.

”Kami beri imbauan agar menggunakan peralatan yang safety, meski hanya berangkat ke pasar atau mengantar anak ke sekolah,” imbau Indah.

Selain itu, dia masih mendapati banyak pengendara roda empat seperti tidak menggunakan sabuk pengaman dan lain-lainnya. Sementara itu, pelanggar masih didominasi pengendara roda dua.

Jumlah pelanggaran tersebut menurutnya tergolong tinggi. Apalagi masyarakat kini sudah bisa kembali beraktivitas pasca pandemi.

”Begitu juga tingkat kecelakaan juga meningkat. Dalam 8 hari ini saja sudah ada 8 laka,” ungkapnya.

Dia masih terus mendisiplinkan penegakan aturan lalu lintas selama sepekan ke depan. Dia juga tetap akan memberikan sosialisasi simpatik dan mengimbau masyarakat untuk mematuhi serta disiplin dalam peraturan lalu lintas saat berada di jalan raya. Tujuannya untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan