15 Pecandu Narkoba Direhabilitasi, BNN Kabupaten Malang: Mayoritas Remaja Laki-Laki - Tugujatim.id

15 Pecandu Narkoba Direhabilitasi, BNN Kabupaten Malang: Mayoritas Remaja Laki-Laki

  • Bagikan
Pecandu narkoba. (Foto: Aisyah Nawangsari/Tugu Malang)
Ketua BNN Kabupaten Malang, Candra Hermawan (kedua dari kanan). (Foto: Aisyah Nawangsari/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang memberikan laporan karena pihaknya telah merehabilitasi 15 pecandu narkoba sepanjang 2021. Mayoritas dari pecandu ini dari kalangan remaja.

Untuk pecandu narkoba yang menjalani rehabilitasi ini tergolong yang ringan. Sebab, BNN Kabupaten Malang tidak bisa melakukan rehabilitasi pecandu dalam kategori sedang dan berat.

“Jumlah yang direhab pada 2021 ada 15 (orang) yang termasuk dalam rehabilitasi ringan. Di BNN Kabupaten Malang hanya bisa menangani rehabilitasi ringan,” ungkap Ketua BNN Kabupaten Malang Candra Hermawan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sementara pemakai narkoba yang harus menjalani rehabilitasi sedang hingga berat harus rehabilitasi di Balai Besar Rehabilitasi BNN di Bogor atau di Rumah Sakit Jiwa Lawang. Dia melanjutkan, kebanyakan pecandu narkoba yang melakukan rehabilitasi di BNN Kabupaten Malang adalah remaja laki-laki.

“Kebanyakan dari kalangan anak-anak, (tepatnya) remaja laki-laki,” ujar Candra saat ditanya mengenai kisaran usia dan jenis kelamin pasien rehabilitasi.

Dia juga mengungkapkan faktor yang menjadikan remaja tersebut pecandu narkoba kebanyakan adalah salah pergaulan dan faktor lingkungan.

“Mereka salah bergaul, salah memilih teman, sehingga terbujuk rayu teman-temannya. Mereka sungkan jika menolak tawaran temannya,” jelas Candra.

Menurut dia, proses rehabilitasi bagi pecandu narkoba saat ini banyak dilaksanakan melalui daring akibat pandemi Covid-19.

“Orang-orang yang direhab biasanya melaksanakan konseling rehabilitasi melalui daring karena saat ini masih kondisi pandemi Covid-19,” jelas Candra.

Berdasarkan data dari Polres Malang maupun dari BNN Kabupaten Malang, terjadi penurunan peredaran narkoba di Kabupaten Malang selama pandemi. Namun, ini tidak lantas membuat BNN Kabupaten Malang lengah.

Untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba, BNN Kabupaten Malang menggalakkan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang diresmikan pada 20 Desember 2021.

  • Bagikan