News  

2 Perahu Nelayan Tenggelam di Laut Utara Jawa

perahu tugu jatim
Ilustrasi perahu. Foto: Rochim/Tugu Jatim

TUBAN, Tugujatim.id – Dua perahu yang tengah melaut di perairan Laut Utara Jawa tenggelam pada Kamis (17/11/2022) sore. Akibatnya, delapan nelayan tradisional warga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terombang-ambing selama beberapa jam di laut.

Beruntung, para nelayan yang sempat dikabarkan hilang itu, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh nelayan lainnya.

Empat orang nelayan ditemukan oleh nelayan Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sedangkan empat nelayan lainnya ditemukan nelayan setempat.

“Memang benar. Alhamdulillah, kemarin malam, semua nelayan yang sebelumnya sempat hilang karena kapal mereka tenggelam sudah berhasil diselamatkan,” kata Kades Karangagung, Aji Agus Wiyoto pada Jumat (18/11/2022)

Agus, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa para nelayan yang ditemukan selamat langsung dibawa pulang ke rumah dan berkumpul dengan keluarga masing-masing. “Mereka sudah berkumpul dengan keluarganya masing-masing,” ucapnya.

Saat kejadian, jelas dia, kondisi cuaca di perairan utara Laut Jawa sedang hujan disertai angin kencang hingga membuat perahu nelayan tersebut tenggelam.

Akibat dari kejadian itu, para nelayan mengalami kerugian material sebesar Rp200 juta lantaran dua perahunya tenggelam.

Dengan kondisi cuaca yang ekstrem dan tidak menentu seperti yang terjadi saat ini, dia berharap nelayan lebih berhati-hati dan memantau perkiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG. “Cuacanya sekarang ini sering ekstrem, makanya nelayan harus hati-hati kalau melaut,” pesannya.