News  

3 Calon Rektor UM Berebut Kursi Pertama, Inilah Profilnya

Calon rektor UM. (Foto: tangkapan layar/Tugu Jatim)
Ketiga calon rekor UM periode 2022-2027. (Foto: tangkapan layar)

MALANG, Tugujatim.id – Majelis Wali Amanat (MWA) bakal memilih 3 calon rektor UM. Pemilihan Rektor Universitas Negeri Malang (UM) periode 2022-2027 itu akan memasuki tahap selanjutnya pada 18-19 Oktober 2022.

Penentuan 3 calon rektor UM ini melalui Seleksi Akademik Universitas (SAU) berdasarkan rapat senat yang dilakukan usai pelaksanaan pemaparan visi dan misi Bakal Calon Rektor UM Periode 2022-2027 pada Rabu (21/09/2022).

Siapakah tiga calon Rektor UM tersebut yakni Prof Dr Hariyono MPd dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM, Prof Hardika MPd dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM, dan Prof Dr Ir Arif Nur Afandi ST MT MIAEng MIEEE PhD dari Fakultas Teknik (FT) UM.

Calon rektor UM. (Foto: tangkapan layar/Tugu Jatim)
Prof Dr Ir Arif Nur Afandi ST MT MIAEng MIEEE PhD dari Fakultas Teknik (FT) UM.(Foto: Tangkapan layar)

Dalam tahap pemilihan oleh SAU dan paparan visi misi, sebelumnya ada empat kandidat bakal calon rektor. Berdasarkan hasil suara SAU yang dilakukan melalui voting diperoleh bahwa Prof Hariyono unggul dengan suara terbanyak yakni 56 suara. Perolehan selanjutnya disusul Prof Arif dengan 49 suara dan Prof Hardika 48 suara. Kemudian Prof Dr KRT H. Sujito SH MPd hanya mendapatkan 1 suara.

Untuk diketahui, Prof Sujito merupakan bakal calon rektor yang berasal dari unsur eksternal U, tepatnya Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) UIN Surakarta. Pada tahap paparan visi dan misi, dia berhalangan hadir dengan alasan yang bersangkutan berada di luar pulau dan pesawatnya mengalami delay atau keterlambatan. Kini baik berkas maupun nama ketiga calon rektor tersebut telah diserahkan kepada Majelis Wali Amanat untuk nantinya bisa dipilih satu nama.

Sementara itu, Ketua Senat Akademik UM sekaligus Ketua Panitia Pemilihan Rektor UM Periode 2022-2027 Prof Suko Wiyono menuturkan, tahapan pemilihan rektor ini memang berbeda dari sebelumnya karena status UM yang sudah PTN-BH.

Calon rektor UM. (Foto: tangkapan layar/Tugu Jatim)
Prof Dr Hariyono MPd dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM. (Foto: tangkapan layar)

“Kalau dulu cukup melalui senat, tapi karena sekarang sudah PTNBH maka saat ini melalui MWA yang di dalamnya ada menteri,” ujarnya.

Alur pemilihan rekor UM 2022-2027 sendiri memiliki 15 tahapan. Di antaranya, setelah pemaparan visi misi dilanjutkan dengan pemilihan rektor melalui Majelis Wali Amanat pada 18-19 Oktober dan penetapan, serta pelantikan Rektor UM oleh MWA pada 26 Oktober 2022.

“Calon nanti tidak perlu paparan lagi. Sebab, PTNBH finalnya di MWA,” terangnya.

Calon rektor UM. (Foto: tangkapan layar/Tugu Jatim)
Prof Hardika MPd dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM. (Foto: tangkapan layar)

Sebagai informasi, Prof Hariyono merupakan pendaftar pertama dalam pemilihan rektor UM periode 2022-2027. Dia pernah menjadi Wakil Rektor I, Dekan FIS UM, serta menjadi Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Jakarta.

Sementara Prof Hardika pernah menjabat Wakil Dekan I FIP periode 2015-2019. Saat ini dia menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM. Sedangkan Prof Arif Nur Efendi diketahui merupakan Wakil Dekan I FT UM periode 2019-2022.