3 Destinasi Wisata Sejarah Wajib Dikunjungi di Kota Malang

  • Bagikan
Tugu Malang, salah satu tempat ikonis di Malang. wisata sejarah di malang
Balai Kota Malang dan Tugu Malang. (Foto: Wikipedia, Wikimedia Commons)

MALANG, Tugujatim.id – Kota Malang di Jawa Timur menjadi kota yang wajib dikunjungi jika anda benar-benar ingin merasakan suasana santai. Tentu saja anda akan disambut dengan pemandangan alam, kuliner dan iklim sejuk yang mungkin bagi warga metropolitan jarang merasakan.

Di luar itu, kota yang dikenal sebagai kota bunga dan kota pendidikan ini juga menyimpan banyak sejarah. Nah, jika anda tertarik menyelaminya lebih jauh, di Kota Malang juga banyak tempat wisata sejarah yang keren dan wajib anda kunjungi.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Berikut,Tugu Malang punya rekomendasi 3 destinasi wisata sejarah yang bisa dijadikan alternatif wisata anda saat berkunjung ke Kota Malang.

1. Tugu Malang

Tugu Malang merupakan ikon Kota Malang yang tidak boleh dilupakan dan dilewatkan jika anda berkunjung ke Kota Malang. Dari sinilah jantung awal Kota Malang berdiri dan berkembang hingga saat ini.

Disini, anda juga menjumpai banyak bangunan lawas di sekitar Tugu Malang. Termasuk gedung Balai Kota Malang yang juga adalah warisan cagar budaya yang menyimpan banyak kisah sejarah, terutama sejak zaman kolonial Belanda.

Selain itu, spot ini juga cocok untuk dijadikan tempat berkumpul dan berjalan-jalan kecil bersama sanak keluarga anda. Lokasinya cukup strategis dan cantik juga buat jadi latar belakang swafoto anda.

2. Museum Brawijaya

Nah, Museum Brawijaya juga wajib anda jadikan lisy dalam destinasi wisata sejarah anda ke Kota Malang. Disini, anda akan bisa melihat-lihat kolekso barang-barang dan dokumen sejarah dari Kota Malang di masa lampau.

Selain belajar sejarah, anda sebagai pengunjung juga disuguhkan edukasi sejarah yang bermanfaat. Apalagi kalau anda suka mengulik kisah-kisah sejarah tentang militer, baiknya wisata sejarah ini perlu dikunjungi.

Kalau mau kesini, lokasinya cukup mudah. Anda hanya perlu langsung menuju ke kawasan Ijen Boulevard alias Jalan Besar Ijen. Jalan ini juga juga merupakan kawasan yang punya nilai historis yang cukup panjang di Kota Malang.

3. Klenteng Eng An Kiong

Selain itu semua, ada juga destinasi sejarah yang perlu anda kunjungi. Tempat ini sebenarnya mungkin kurang populer tapi menjadi tempat yang baik untuk direkomendasikan. Yakni Klenteng Eng An Kiong.

Bangunan tempat ibadaj umat Konghucu di Kota Malang ini usianya tua sekali karena sudah dibangun pada tahun 1800-an. Bangunan tersebut menjadi pusat kehidupan masyarakat Tionghoa pada tahun tersebut di Malang.

Hingga saat ini, Klenteng ini juga masih difungsikan sebagai rumah peribadatan umat Konghucu. Selain itu, bagi wisatawan anda juga dibolehkan untuk berkeliling dan melihat-lihat sejumlah koleksi kuno di Klenteng ini.

Jika anda berminat, lokasi Klenteng Eng An Kipng ini tepatnya berada di Jalan R. Martadinata Nomor 1 Malang. Kalau lapar, anda juga bisa langsung menuju ke basement Klenteng. Disana banyak kafetaria dengan menu kuliner yang enak. (azm/gg)

  • Bagikan