3 Kades Kabupaten Malang Dilantik, Sanusi Target 3 Program Ini Cepat Terealisasi, Apa saja? - Tugujatim.id

3 Kades Kabupaten Malang Dilantik, Sanusi Target 3 Program Ini Cepat Terealisasi, Apa saja?

  • Bagikan
Kades Kabupaten Malang. (Foto: Aisyah Nawangsari/Tugu Malang)
Pelantikan Kepala Desa Ngebruk, Ngadireso, dan Karangnongko di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (27/05/2022). (Foto: Aisyah Nawangsari/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Pelantikan kepala desa (kades) di Kabupaten Malang dilakukan pada Jumat (27/05/2022). Bahkan, Bupati Malang Sanusi melantik tiga kades Kabupaten Malang dari hasil Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) itu di Pendapa Agung.

Pelantikan 3 kades Kabupaten Malang yang baru tersebut akan memimpin Desa Ngebruk, Desa Ngadireso, dan Desa Karangnongko di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Setelah resmi melantik, Sanusi mengatakan kades adalah ujung tombak pemerintahan yang akan menggerakkan program-program Pemkab Malang.

Apa saja tiga program utama Pemkab Malang yang akan menjadi fokus para kades itu? Yaitu peningkatan kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan yang prima, serta peningkatan perekonomian, infrastruktur, dan pariwisata.

“Program wajib belajar itu dapat tuntas. Kemudian kesehatan, semua masyarakat harus mendapat pelayanan prima. Ketiga adalah perekonomian dan infrastruktur serta pariwisata,” sebut Sanusi pada Jumat (27/05/2022).

Dia menambahkan, setiap desa harus mengembangkan satu produk dan satu tempat wisata yang akan menjadi ciri khas mereka melalui program One Village One Product, One Village One Destination.

“Jadi dalam satu desa itu, programnya One Village One Product, One Village One Destination yang dikembangkan untuk memacu perkembangan di desa,” papar Sanusi.

Dia berharap para kades Kabupaten Malang bisa segera melaksanakan tugasnya dan mewujudkan program-program tersebut.

“Segera konsolidasi dan beradaptasi serta melakukan musyawarah mufakat untuk pengembangan desa dengan melibatkan semua komponen masyarakat yang ada di desanya,” pesa Sanusi kepada para kades yang baru.

Menurut dia, semua kades agar tidak membeda-bedakan masyarakat. Justru, mereka semua harus dirangkul dan diajak untuk gotong royong dalam membangun desa.

“Kepala desa saya minta untuk mengembangkan desa bersama-sama (rakyat). Pembangunan nggak mungkin dilakukan dengan one man show. Semua harus diajak bicara dan penuh keterbukaan,” ucap Sanusi.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan