3 Tips Pilih Produk Skincare biar Kulit Wajah Makin Sehat dan Glowing - Tugujatim.id

3 Tips Pilih Produk Skincare biar Kulit Wajah Makin Sehat dan Glowing

  • Bagikan
Produk skincare. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi perawatan kulit yang sering dilakukan. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Dalam beberapa waktu terakhir, penggunaan produk skincare tidak hanya menjadi tren, tapi sudah jadi bagian dari rutinitas wajib, khususnya bagi perempuan. Ternyata, penggunaan skincare secara rutin itu membuat kulit wajah jadi sehat, bersih, dan makin glowing lho!

Karena itu, memilih produk skincare yang tepat bisa jadi susah-susah gampang, terlebih bagi pemula. Bahkan, saking banyaknya produk yang tersedia di pasaran, kamu bisa saja bingung dan bertanya-tanya manakah yang sesuai untuk kulit kamu. Atau justru kamu makin parno pakai produk skincare karena takut akan timbulnya masalah baru dan malah memperparah masalah kulit yang sedang kamu alami?

Sebenarnya tidak ada produk yang buruk, tapi setiap orang memiliki jenis dan kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Masalah kulit sering timbul ketika seseorang menggunakan produk yang tidak sesuai untuk kebutuhan kulitnya. Karena itu, pemilihan produk perawatan kulit yang salah dapat mengakibatkan banyak masalah kulit yang tidak diinginkan.

Eits, jangan khawatir! Ada 3 tips bagaimana memilih produk skincare agar kulitmu makin sehat dan glowing.

1. Ketahui Jenis Kulit

Hal pertama yang menjadi kesalahan umum adalah orang memilih produk perawatan kulit yang bukan untuk jenis kulit mereka. Dikutip dari REAL SIMPLE, menurut salah seorang dermatologist Dr Michele Green MD, jenis kulit adalah faktor terpenting dalam menentukan produk perawatan kulit apa yang paling cocok untuk kulit kamu. Ketika memilih produk yang tidak cocok untuk kulit, kamu bisa mendapat masalah kulit menjadi kering, iritasi, berjerawat, atau bahkan kulit berminyak.

Orang dengan jenis kulit yang rentan berjerawat (acne-prone skin) dan jenis kulit sensitif perlu berhati-hati dengan bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit mereka. Beda halnya dengan kulit berminyak yang dapat menangani lebih banyak bahan kandungan skincare yang terkadang dapat memicu jerawat atau iritasi pada jenis kulit lainnya.

2. Teliti Kandungan Skincare

Beberapa orang tidak memperhatikan apa saja yang terkandung dalam formulasi produk skincare mereka. Padahal, ada beberapa bahan yang sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan lebih banyak masalah kulit pada penggunanya, seperti wewangian/parfum, paraben, dan sulfat.

Pewangi/parfum memiliki prevalensi tinggi mengakibatkan alergi kulit dan iritasi, terutama bagi kulit sensitif. Di sisi lain, paraben dapat memiliki efek berbahaya dari waktu ke waktu dengan membuang keseimbangan hormonal dan sulfat dapat membuat iritasi.

Konsentrasi bahan aktif dalam produk perawatan kulit juga perlu diperhatikan. Misalnya seperti penggunaan maksimum konsentrasi BHA (beta hydroxy acid) yang dapat digunakan hanya 1% atau 2% dan sebaiknya tidak digunakan lebih dari itu. Sebab, konsentrasi asam yang tinggi membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

3. Perhatikan Cara Pemakaian

Kamu tidak boleh terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit atau melakukan aktivitas perawatan secara berlebihan. Perawatan kulit seperti pengelupasan kulit dengan exfoliator yang berlebihan dapat membuat kulit kemerahan, iritasi, kering, dan berjerawat.

Dengan begitu, banyak pilihan produk skincare yang tersedia. Terkadang orang sering menggunakannya secara berlebihan serta menggabungkan produk yang dapat memperburuk kondisi kulitnya. Karena itu, jangan terlalu banyak menggunakan produk di kulit kamu, ya!

Terpenting, jangan lupa untuk melakukan urutan yang benar dalam mengaplikasikan produk skincare. Urutan penggunaan produk yang benar dimulai dari konsistensi paling tipis hingga paling tebal, diawali dengan serum, hingga minyak dan pelembab dan diakhiri dengan SPF 30 di siang hari.

Kamu bisa memiliki kulit yang sehat dan glowing dengan menggunakan produk perawatan kulit tepat yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit kamu. Tentunya memakai produk yang dapat memberikan apa yang dibutuhkan kulit. Ketika menggunakan produk perawatan kulit yang salah, kamu akan memiliki masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit kering, kulit berminyak, iritasi, dan masih banyak lagi.

Ada begitu banyak produk perawatan kulit dengan manfaat yang baik di luar sana. Nah, yang harus kamu lakukan adalah berhati-hati dan teliti sebelum memilih produk perawatan kulit. Gunakan hanya apa yang dibutuhkan kulit dan jangan berlebihan dalam menggunakannya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan