4 Cara Self Healing yang Bisa Dilakukan di Rumah  

4 Cara Self Healing yang Bisa Dilakukan di Rumah  

  • Bagikan
Ilustrasi orang sedang melakukan self healing meditasi/tugu jatim
Ilustrasi orang sedang melakukan self healing meditasi. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Pernah merasa penat dengan rutinitas sehari-hari? Lalu ingin bersembunyi untuk menenangkan diri? Jika iya, sepertinya kesehatan mental Anda sedang diuji dan butuh self healing.

Self healing, menurut Dr. Diana Rahmasari dalam bukunya Self Healing is Knowing Your Own Self adalah metode penyembuhan penyakit bukan dengan obat, melainkan mengeluarkan perasaan dan emosi yang terpendam di dalam tubuh.

Di era pandemi metode ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental Anda. Tetapi banyaknya rutinitas kadang membuat sulit mencari waktu untuk melakukannya.

Jangan khawatir, ada banyak cara melakukan self healing, mulai dari hal yang disukai. Misalnya, berpergian ke alam, jalan-jalan mengitari kota, dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang bisa dilakukan di rumah. Berikut ini  beberapa cara self healing di rumah

1. Meditasi

Meditasi dapat dilakukan saat pagi hari, sebelum memulai berbagai aktivitas harian. Meditasi dilakukan dengan cara duduk dalam keadaan tenang dan posisi nyaman, tutuplah mata, renggangkan semua otot mulai dari kaki. Lalu tarik napas melalui hidung secara rileks. Lepaskan energi negatif yang ada pada diri Anda dan lakukan hal ini sampai benar-benar merasa nyaman dan lega.

2. Berbicara tentang Diri Anda

Anda bisa melakukan hal ini dengan mengaca sebelum mulai dan ajaklah berbicara dengan sosok yang terpantul di cermin. Anda bisa memulainya dengan kata-kata memotivasi. Bisa membicarakan hal-hal apa saja yang pernah dilewati hingga bisa seperti Anda sekarang. Jangan lupa, buatlah sugesti positif untuk Anda dalam melawan pikiran yang negatif.

3. Mendengarkan Lagu

Menurut Liza Marielly Djaprie, mendengarkan musik bisa menaikkan hormon bahagia dan membuat Anda merasa lebih nyaman. Mood Anda bisa bahagia dan self healing terjadi. Mood bahagia bisa menjaga kesehatan mental Anda.

4. Lakukan kegiatan Positif di Rumah

Membuat resep makanan, melukis, menulis dan bermain alat musik bisa membuat Anda menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan beberapa kegiatan tersebut, gangguan kesehatan mental hilang.

Itulah beberapa cara melakukan self healing di rumah.

  • Bagikan