4 Dampak Positif jika Kamu Memiliki Sikap Disiplin

  • Bagikan
Ilustrasi kerja tepat waktu dan disiplin. (Foto: Pixabay) tugu jatim sikap disiplin hidup disiplin
Ilustrasi kerja tepat waktu dan disiplin. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk hidup disiplin, baik itu di rumah maupun di sekolah. Bahkan hampir semua orang di dunia ini mengerti tentang konsep disiplin, namun hanya sedikit yang benar-benar menerapkannya.

Hidup disiplin memang cukup sulit untuk diterapkan. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti kita yang sering menganggap kewajiban sebagai suatu beban dan memang sifat malas yang menjadi sifat dasar manusia.

Padahal hidup disiplin sangat penting dan dapat membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita seperti menuntun kita menuju kesuksesan. Sebuah studi dari Universitas Pennsylvania menyatakan bahwa disiplin adalah kunci kesuksesan.

Siswa yang memiliki hidup disiplin lebih unggul daripada siswa yang tidak disiplin meski mereka memiliki tingkat kecerdasan yang sama. Selain hal tersebut, ada 4 alasan lain yang membuat kita harus hidup disiplin. Yuk, ketahui!

1. Lebih Produktif

Sikap disiplin dapat membantu kita menyelesaikan semua pekerjaan dengan cepat. Sehingga kita dapat mencicil pekerjaan lain atau bahkan melakukan hobi dan kegiatan yang kita inginkan. Jadi, jika kamu ingin hidup produktif, mulailah dengan hidup disiplin. Awali dari hal-hal kecil seperti tidak begadang dan bangun lebih awal.

2. Tubuh Lebih Sehat dan Aktif

Saat kita melakukan pekerjaan dengan disiplin, terdapat rasa antusias dalam diri kita. Rasa antusias tersebut membuat kita tetap aktif dan tidak malas. Dengan bersikap displin, tentu kebiasaan sehari-hari seperti mandi, olahraga, makan, dan tidur tepat waktu tidak akan terlewatkan. Dengan pola olahraga rutin, pola makan yang teratur, dan tidur cukup, kita akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Hidup Lebih Teratur

Seberapapun sibuknya, kita bisa melakukan banyak hal karena disiplin. Sikap disiplin membuat kita dapat mengatur waktu dengan baik. Menurut Paperie Lab, kita dapat memulai hidup disiplin dengan membuat jurnal harian. Dengan membuat jurnal, semua kegiatan dapat terorganisir dengan baik dan efisien waktu.

4. Mengurangi Stres

Menurut penelitian, sikap disiplin dapat meningkatkan kesehatan mental karena bisa mengurangi stres. Hal itu disebabkan oleh beban pekerjaan yang telah terorganisir dengan baik. Dengan begitu, kita dapat melakukan pekerjaan dengan efisien waktu. Jadi, tidak ada lagi rasa pusing karena banyaknya hal yang belum terselesaikan. Dengan berkurangnya stres, maka kita dapat menjalani hidup dengan lebih santai, ringan dan bahagia.

Nah, itu dia manfaat yang bisa kamu peroleh dengan hidup disiplin. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba dan menerapkannya. Yuk, coba dan lihat perubahannya dalam hidupmu! (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan