3 Rekomendasi Aplikasi Editing Video Gratis Layaknya Pro untuk Smartphone - Tugujatim.id

3 Rekomendasi Aplikasi Editing Video Gratis Layaknya Pro untuk Smartphone

  • Bagikan
Ilustrasi program dan aplikasi video editing profesional. (Foto: Pexels) rekomendasi aplikasi video editing untuk smartphone android iphone tugu jatim
Ilustrasi program dan aplikasi video editing profesional. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Di era digital ini, tentu segala kegiatan dilakukan dengan mudah berkat perkembangan teknologi dan aplikasi yang begitu pesat. Produk digital saat ini menjadi produk yang semakin diminati di kalangan masyarakat, khususnya saat pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah video.

Kemampuan dalam memahami serta memiliki keahlian setidaknya sedikit dalam kegiatan digital juga tentunya dapat menjadi poin tambahan ketika anda melamar magang ataupun pekerjaan dalam sebuah perusahaan khususnya start up. Sebab, saat ini hidup manusia dapat dikatakan serba digital, dan tak dapat terlepas darinya.

Tak jarang saat ini mulai banyak masyarakat yang belajar sedikit demi sedikit mengenai editing foto maupun video. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu anda membutuhkan bantuan dari beberapa aplikasi. Nah, ini dia 3 rekomendasi aplikasi yang mudah untuk pemula dan dapat digunakan di smartphone anda :

1. InShot

InShot merupakan aplikasi editing yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Dalam aplikasi ini, anda dapat mengedit foto maupun video. Untuk mengedit video, anda hanya perlu memilih opsi video, dan kemudian memasukkan footage (potongan – potongan video mentahan) yang anda punya.

Fitur yang disajikan dalam InShot terbilang cukup lengkap mengingat aplikasi ini tidak berbayar. Selain editing dasar seperti memotong, menyambungkan video dengan transisi serta menambahkan filter, anda juga dapat memberikan stiker berbentuk GIF, baik GIF yang telah disediakan oleh InShot ataupun GIF dari GIPHY, sehingga anda memiliki berbagai pilihan stiker yang menarik.

Kelebihan dari aplikasi InShot yakni telah menyediakan beberapa lagu dan efek yang dapat digunakan sebagai backsound untuk mempermanis video anda, serta anda juga diperbolehkan untuk menambahkan audio milik anda sendiri.

Masih banyak fitur lain yang menarik dari InShot, namun terdapat beberapa fitur yang tidak dapat diakses, dikarenakan anda perlu berlangganan terlebih dahulu menjadi InShot Pro, salah satunya adalah pada variasi font teks. Namun, anda tetap dapat menggunakan font teks yang unik, dengan cara mengunduh file font dari website DaFont, kemudian file tersebut dapat dimasukkan ke dalam aplikasi InShot.

2. VN

VN sempat booming dalam platform Tiktok pada pertengahan tahun 2020. Booming-nya aplikasi ini diakibatkan oleh beberapa pengguna dalam platform Tiktok yang mengunggah hasil editing videonya menggunakan aplikasi tersebut.

Siapa sangka, ternyata aplikasi VN disambut dengan baik dan warganet berbondong–bondong untuk mengunduh aplikasi tersebut untuk mendapatkan hasil editing video yang menarik.

Aplikasi VN mudah digunakan karena terdapat banyak fitur serta tutorial yang disediakan, dan juga template bagi anda yang tidak ingin memakan waktu lama. Fitur yang sering diandalkan oleh warganet pada aplikasi ini adalah transisi. Transisi yang disediakan oleh VN sangatlah bervariasi. Efek yang dihasilkan oleh VN dianggap lebih halus dan jauh menarik daripada aplikasi lainnya.

Selain itu, fitur keyframe juga disediakan di VN dengan gratis, berbeda dengan InShot. Keyframe sendiri digunakan untuk memberikan efek perpindahan objek ataupun fokus layar ke beberapa sisi tertentu di dalam satu frame sesuai dengan kreatifitas anda. Dan juga terdapat fitur chroma key, yakni fitur yang dapat memberikan efek seperti green screen.

Berbeda dengan InShot, VN tidak menyediakan lagu untuk dijadikan backsound, sehingga anda harus menyediakan lagu tersendiri. Namun, VN menyediakan sound efek yang beragam dengan berbagai tema, sehingga dapat meramaikan hasil video anda, seperti efek suara bel, efek suara ketikan, dan masih banyak lainnya.

3. Capcut

Capcut, menggantikan ketenaran VN pada platform Tiktok. Pada awal tahun 2021 beberapa pengguna telah beralih ke aplikasi Capcut. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada April 2020. Pada Maret 2021 ini, Capcut berhasil masuk ke dalam Top Chat Free Apps di App Store pada peringkat ke – 12, serta meraih peringkat ke -3 dalam kategori foto dan video.

Hampir semua keunggulan yang dimiliki oleh InShot dan VN dimiliki oleh Capcut secara gratis. Mulai dari backsound, sound effect, keyframe, chroma key, hampir semuanya lengkap dan dapat digunakan secara gratis dan mudah dalam aplikasi ini.

Efek transisi yang disediakan oleh Capcut dapat dikatakan jauh lebih banyak dan bervariasi daripada VN, sehingga anda memiliki banyak opsi untuk mempermanis video anda dengan sentuhan–sentuhan transisi yang pastinya tidak akan membosankan.

Jadi, itu dia 3 rekomendasi aplikasi foto dan video editing yang dapat diunduh secara gratis dan mudah di smartphone anda. Ketiga aplikasi ini juga tidak terdapat watermark loh, sehingga akan membantu menaikkan kualitas video anda! (Adinda Novira Hardinanto/gg)

  • Bagikan