4 Karakter Wajib Dimiliki agar HRD Melirik Anda

4 Karakter Wajib Dimiliki agar HRD Melirik Anda

  • Bagikan
Ilustrasi seorang HRD yang sedang menjalankan rekrutmen pegawai/tugu jatim
Ilustrasi seorang HRD yang sedang menjalankan rekrutmen pegawai. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Tahukah Anda bahwa karakter seseorang dapat mencerminkan kepribadiannya? Seorang rekruiter seperti HRD (Human Resource Development) dalam sebuah perusahaan tentu saja memiliki kemampuan menilai kepribadian calon pegawainya melalui karakter orang tersebut. Nah, apa saja karakter yang wajib dimiliki oleh seorang pelamar pekerjaan? Simak penjelasannya.

1. Taat Peraturan

HRD tentu saja akan sangat memperhatikan ketaatan sang pelamar kerja terhadap peraturan yang diberikan. Hal itu dapat membuat proses rekrumen berjalan dengan lancar. Ketaatan seorang pelamar sudah dapat terlihat ketika melakukan proses interview, yaitu disiplin waktu.

Bayangkan saja seorang pelamar kerja memberikan kesan pertama yang buruk akibat terlambat pada proses interview, tentu saja kemungkinan besar HRD menolaknya.

2. Memberikan Jawaban Jelas dan Percaya Diri

Pada proses interview, seorang HRD melontarkan beberapa pertanyaan untuk mengukur apakah pelamar kerja tersebut memang layak bekerja pada perusahaannya atau tidak. Jika dia menjawab pertanyaan dengan jawaban yang berputar-putar, tentu saja ini sesuatu yang buruk.

Anda bisa mengatasinya dengan cara melatihan kemampuan komunikasi interpersonal sebelum proses interview dan juga menggunakan beberapa teknik interview seperti teknik STAR.

3. Aktif Bertanya

Tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan, namun seorang pelamar kerja yang baik harus bisa melontarkan pertanyaan kepada HRD. Ini membuat HRD berpikir bahwa Anda memang tertarik untuk bekerja pada perusahaan tersebut melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Anda bisa bertanya seputar tugas dan tanggung jawab pada posisi yang dilamar ataupun hal-hal terkait ruang lingkup perusahaan seperti budaya ataupun gaya kerja pada perusahaan tersebut.

4. Bersifat Rendah Hati

Rendah hati berbeda dengan rendah diri. Anda tetap bisa menginformasikan pencapaian dan kemampuan yang Anda miliki tanpa terlihat sombong atau sedang pamer. Caranya adalah dengan memberikan bukti khususnya menggunakan fakta dan data. Dengan hal itu HRD pun akan melihat banyak potensi pada diri Anda tanpa berpikiran bahwa Anda adalah orang yang tinggi hati.

Itulah di 4 karakter yang wajib Anda miliki jika ingin dilirik oleh HRD perusahaan pada saat melamar pekerjaan. Pastikan dapat memberikan kesan pertama yang baik karena hal itu merupakan jalan awal karir Anda di dunia pekerjaan.

  • Bagikan