Ulang Tahun ke 23, Intip 3 Keunikan Kantor Pusat Google

Ulang Tahun ke 23, Intip 3 Keunikan Kantor Pusat Google

  • Bagikan
Googleplex, kantor pusat Google yang terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat/tugu jatim
Googleplex, kantor pusat Google yang terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat. (Foto: Wikipedia Commons)

Tugujatim.id – Senin (27/9/2021), Google merayakan ulang tahunnya ke-23 tahun. Sebagai bentuk perayaan tersebut, Google Doodle menampilkan animasi kue tart berwarna cokelat dengan hiasan meses warna-warni yang berlambangkan angka 23.

Pada laman Google Doodle, tertulis ucapan selamat Hari Ulang Tahun dengan sejarah singkat berdirinya Google. Selain itu, laman itu juga menampilkan aneka ragam doodle yang pernah dipakai untuk memperingati beberapa perayaan sebelumnya.

Berawal dari proyek dua orang mahasiswa di Stanford, kini raksasa mesin pencari ini telah memiliki 154 kantor yang tersebar di seluruh dunia. Pusatnya berada di Mountain View, California, Amerika Serikat yang dikenal dengan Googleplex.

Kantor pusat Google atau Googleplex adalah singkatan dari Google Complex yang terdiri dari beberapa bangunan kantor pusat. Tempat kerja di sini diatur dengan fleksibel, karyawan kerap berpindah-pindah tempat kerja dari satu gedung ke gedung lainnya. Berikut beberapa hal tentang kantor Google

1. Terletak di Silicon Valley

Silicon Valley menjadi identitas kawasan bagi daerah selatan San Fransisco dengan deretan berbagai perusahaan teknologi. Kata silicon merujuk pada situasi perusahaan teknologi yang kerap menggunakan silikon di setiap produknya. Sedangkan, kata Valley menunjukkan lokasi ujung selatan San Fransisco yaitu Santa Clara Valley.

Googleplex dibangun pada tahun 2004 di kawasan tersebut dan memiliki luas 3.200 hektar yang diisi dengan berbagai area interaktif di ruangan tertutup maupun terbuka.

2. Penuh dengan Fasilitas

Google dikenal mengusung kesejahteraan karyawannya melalui work-life balance. Fasilitas yang terdapat di Googleplex mulai dari sarana transportasi gratis dengan GBike, kafe yang menyajikan makanan dan minuman gratis, sarana laundry, mesin game arcade, berbagai sarana olahraga seperti lapangan voli, kolam renang hingga arena bowling.

Googleplex juga memiliki berbagai patung yang tersebar di area terbukanya seperti patung dinosaurus dan patung Lloyd Bridges. Ada juga merchandise Google yang dijual di toko suvenir untuk para pengunjung dan wisatawan.

3. Pengembangan Robot Privasi

Dilansir dari The New York Times, saat ini Google sedang mengembangkan robot privasi untuk melakukan aktivitas rapat. Jika rapat membutuhkan privasi, robot yang dilengkapi dengan sensor mendeteksi sekelilingnya akan datang untuk menggelembungkan dinding balon plastik tembus pandang agar tidak bisa diintip oleh siapapun.

Tak hanya itu, Google kerap mengembangkan fasilitas pasca pandemi yang akan mengakomodasi karyawan yang terbiasa bekerja dari rumah dan tidak ingin berada di kantor sepanjang waktu lagi.

  • Bagikan