4 Keutamaan Ibadah Puasa Senin Kamis yang Perlu Diketahui Umat Islam - Tugujatim.id

4 Keutamaan Ibadah Puasa Senin Kamis yang Perlu Diketahui Umat Islam

  • Bagikan
Ilustrasi ibadah puasa Senin Kamis yang dilakukan umat Islam. (Foto: Pexels) tugu jatim niat puasa senin kamis
Ilustrasi ibadah puasa Senin Kamis yang dilakukan umat Islam. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Di dalam agama Islam, hari Senin merupakan salah satu hari yang memiliki banyak keberkahan. Banyak peristiwa yang terjadi di hari ini, salah satunya adalah hari kelahiran Rasulullah SAW. Di hari Senin dan Kamis juga digunakan oleh Rasulullah untuk menjalankan puasa sunnah.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits dari Abu Hurairah tentang keistimewaan puasa Senin Kamis, Rasulullah SAW bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sementara aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Keutamaan Puasa Senin Kamis

1. Hari diangkatnya amal

Puasa Senin dan Kamis dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, senin dan kamis adalah hari di mana amal diangkatnya amal manusia salama seminggu.Hal ini sesuai dengan Hadits Tirmidzi, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis. Oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa.” (HR Tirmidzi).

Selain itu, puasa mampu menjadikan pelakunya menjadi orang yang bertakwa. Orang yang berpuasa sanggup mengekang dirinya dari segala dosa dan maksiat.

2. Hari dibukanya pintu-pintu surga

Allah SWT. mempunyai khusus untuk membukakan pintu surge, yaitu pada bulan Ramadhan. Namun, Allah juga akan membukakan pintu-pintu surga untuk hamba-Nya pada hari Senin dan Kamis.

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai.” (HR Al Khatib, Muslim, ABu Daud, Nasa’i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban).

3. Senin adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW

Senin adalah hari istimewa yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lahir pada Senin, 12 Rabiulawal tahun 571 Masehi.
Sebagai penghormatan atas kelahirannya, Beliau menjalankan puasa pada hari itu. Sebab pada hari itu wujud kesyukuran Beliau kepada Allah SWT.

4. Senin adalah hari diutusnya Nabi Muhammad SAW

Allah menurunkan wahyu-Nya berupa Kitab Suci Al Quran kepada Nabi Muhammad pada hari Senin. Karena hari senin merupakan hari diturunkannya Al Quran, Nabi Muhammad menyambut dengan ritual khusus pada hari itu yakni berpuasa.

Niat puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Bahasa latin: Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala

  • Bagikan