4 Manfaat Merawat Tanaman di Dalam Rumah - Tugujatim.id

4 Manfaat Merawat Tanaman di Dalam Rumah

  • Bagikan
Ilustrasi merawat tanaman di dalam rumah. (Foto: unsplash/Tugu Jatim)
Ilustrasi merawat tanaman di dalam rumah. (Foto: unsplash/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Saat masa pandemi Covid-19 seperti ini barangkali Anda memiliki hobi baru yang bisa dilakukan di rumah sambil bekerja secara work from home (WFH). Salah satunya adalah berkebun. Saat ini berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat. Sebab, dengan merawat tanaman bisa membuat senang karena terlihat menarik menghiasi halaman atau di dalam rumah.

Namun tidak hanya karena nilai estetikanya, merawat tanaman juga memiliki banyak manfaat, apalagi jika ditaruh di dalam rumah. Studi menyebutkan bahwa tanaman di dalam rumah dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, dan konsentrasi hingga 15%.

Saking banyak manfaatnya, penelitian yang dilakukan oleh NASA menyarankan untuk memelihara 15-18 tanaman dalam rumah ukuran sekitar 1.800 meter persegi. Jadi, barangkali Anda mulai tertarik menempatkan tanaman di dalam rumah. Nah, Tugu Jatim sudah merangkum beragam manfaat merawat tanaman di dalam rumah. Simak yuk…

1. Meredakan Stres

Manusia memang memiliki hubungan yang kuat dengan alam. Berada di alam membuat pikiran kita lebih segar dan tenang. Begitu pula saat kita berada di dalam ruangan dengan tanaman di dalamnya. Dalam studi yang diterbitkan oleh Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa adanya tanaman di dalam rumah atau kantor dapat membuat Anda merasa nyaman dan tenang.

2. Meningkatkan Produktivitas

Apakah Anda merasa kurang produktif saat mengerjakan tugas? Coba letakkan beberapa tanaman di meja atau di suatu tempat dalam ruangan. Tanaman dapat membantu Anda untuk tetap fokus. Mereka juga bisa meningkatkan kinerja otak sehingga hasilnya akan lebih baik. Menurut penelitian di Norwegia membuktikan bahwa tanaman dalam kantor dapat membantu meningkatkan produktivitas, daya ingat, dan konsentrasi para pekerjanya. Pekerjaan yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan memiliki tingkat akurasi yang jauh lebih baik.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Kebanyakan orang masih menyepelekan kualitas udara dalam ruangan. Padahal, banyak penyakit yang dapat dengan mudah ditularkan lewat udara. Polusi udara dari luar pun dapat masuk dalam rumah dengan mudah. Data WHO menunjukkan bahwa angka kematian karena polusi udara menyentuh angka 7 juta dan 3,3 juta di antaranya meninggal karena polusi dari dalam rumah. Tanaman dalam rumah adalah solusinya. Dalam penelitiannya, NASA membutikan bahwa tanaman indoor dapat mengurangi 87% racun udara dalam waktu 24 jam.

4. Mempercepat Pemulihan

Adanya tumbuhan dalam kamar pasien dapat mempercepat penyembuhan penyakit dan pemulihan pasca operasi. Menurut penelitian yang dilakukan di Kansas State University, adanya tanaman pada kamar pasien dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi rasa sakit dan cemas akibat operasi. Jadi, para pasien tersebut bisa pulang lebih cepat.

Itu dia manfaat memelihara tanaman di dalam ruangan. Namun, jangan salah pilih tanaman ya. Pilih tanaman yang memang cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan. Karena tanaman penting untuk kelangsungan hidup kita. Jadi, jangan lupa untuk selalu rawat tanaman Anda! (Muthiya Mabila/ln)

  • Bagikan